KUPAS TUNTAS YU-GI-OH! : DINOSAUR - Yugioh Duelist Indonesia

20 April 2018

KUPAS TUNTAS YU-GI-OH! : DINOSAUR

bahas deck yugioh

Dinosaur adalah salah satu tipe monster yang ada di Yu-Gi-Oh! dan di beberapa tahun ini tengah menjadi sorotan para duelist karena termasuk ke dalam jajaran deck yang kuat. Memang apa sih yang membuat Dinosaur kuat? Apa bedanya saat pertama kali diluncurkan oleh Konami. Nah semua itu akan Yugioh Duelis Indonesia bahas pada kesempatan kali ini. Cekidot

Masa Awal Yu-Gi-Oh! Sampai Era Synchro

Dinosaur termasuk tipe monster yang jadul, karena sudah ada semenjak diluncurkannya Yu-Gi-Oh! pertama kali oleh Konami. Bahkan sobat duelist juga bisa melihat ada karakter yang fokus menggunakan deck Dinosaur semenjak seri pertama Yu-Gi-Oh! : Duel Monster. Monster-monster Dinosaur ini kebanyakan dipakai karena Attack mereka yang di atas rata-rata. Namun, karena dari segi serangan dan kecepatan masih kalah dibanding monster-monster dari tipe Dragon, monster Dinosaur  ini gak terlalu terkenal di masa-masa awal yugioh. Dinosaur ini punya banyak monster berlevel tinggi, jadi strateginya dulu adalah dengan memanggil monster-monster level tinggi tersebut dengan bantuan spell dan trap card seperti Big Evolution Pill dan Hunting Instinct. Tapi dengan kartu-kartu seperti itu saja memang gak bisa membuat Dinosaur bersaing dengan yang lain.

Dinosaur mendapat sedikit angin segar ketika structure deck Dinosaur’s Rage diluncurkan sekitar tahun 2006, dengan boss monster nya Super Conductor Tyranno dengan ATK 3300, dan menjadi monster Dinosaur dengan Attack tertinggi saat itu. Dinosaur juga mendapat kartu support seperti Jurrasic World yang akan menambah ATK dari monster-monster Dinosaur.

deck yugioh terkuat
Kartu baru dari Dinosaur's Rage

Dinosaur akhirnya mendapatkan Arhetype khusus bernama Jurrac, yang berfokus kepada Synchro Summon. Semua monster Jurrac ini  memiliki Attribute FIRE. Boss monsternya adalah Synchro Monster dengan Level 10 : Jurrac Meteor, yang bisa menghancurkan semua kartu di arena dan memungkinkan kita untuk memanggil 1 monster Tuner dari Graveyard. Monster yang sangat membantu untuk menyapu bersih kombo lawan.

Dinosaur Mulai Digemari

Dinosaur mulai digemari saat kemunculan sub- archetype baru yaitu Evolsaur. Sebenarnya Evolsaur adalah bagian dari archetype Evol yang beranggotakan tipe Reptile Evoltile, tipe Dinosaur Evolsaur, dan tipe Dragon Evolzar. Yang membuat Dinosaur digemari sebenarnya karena kemunculan Xyz monster dari sub-archetype Evolzar yang semuanya bertipe Dragon. Dari 3 Xyz Monster Evolzar, yang sering digunakan adalah kedua Rank 4 Evolzar Dolkka dan Evolzar Laggia. Evolzar ini digambarkan sebagai evolusi terakhir dari monster Dinosaur Evolsaur, ini terlihat juga dari semua monster Evolzar yang membutuhkan 2 monster Dinosaur untuk dapat dipanggil melalui Xyz Summon. Evolzar Dolkka dapat me-negate dan menghancurkan monster yang mengaktifkan efeknya. Dan yang lebih parah Evolzar Laggia bisa me-negate summon, kecuali Flip Summon, dan juga bisa me-negasi Spell dan Trap card serta menghancurkannya, ini sangat ultra powerful sekali. Mirip dengan efek kartu Solemn Judgement, hanya saja gak perlu bayar LP. Tapi perlu diingat Evolzar Laggia ini gak bisa dipake buat negate Counter Trap, karena Speed Spell nya kalah. Buat yang belum paham dengan istilah seperti Spell Speed, baca artikel khusus dari YuDI tentang Speed Spell ini ya.

Dua monster Evolzar ini sangat mudah dipanggil dengan deck yang terkenal dengan nama Dino-Rabbit.  Isinya dipenuhi oleh Normal Monster yang bertipe Dinosaur, alasanya karena sobat duelist akan menggunakan Rescue Rabbit untuk memanggil 2 Normal Monster level 4 ke bawah dari deck dengan membanish dirinya. Tapi monster-monster ini akan hancur saat END PHASE, tapi sobat duelist gak akan peduli akan hal itu, karena dua monster ini langsung digunakan untuk melakukan Xyz Summon dan memanggil Evolzar Laggia yang sangat imba waktu itu.

dino rabbit

Kepopuleran Dino-Rabbit ini membuat Rescue Rabbit sampai kena Limit, jadi cuma boleh bawa 1 aja di deck. Walaupun Recue Rabbit kena limit, Dino-Rabbit masih memiliki penggemar karena Rescue Rabbit ini bisa dengan mudah dipanggil dari Banished Zone dengan bantuan Leviair the Sea Dragon, yang juga mudah banget dipanggil dengan bantuan Tour Guide from the Underworld. Dan akhirnya Tour Guide from the Underworld pun ikut kena limit.

Rescue Rabbit pun akhirnya kembali menjadi Unlimited di 2016 sejak makin cepatnya permainan di Yu-Gi-Oh! Dan di 2016 pun muncul kartu Xyz Monster baru Toadally Awesome yang dapat me-negasi efek kartu Spell, Trap, atau monster lawan dengan mengirimkan kartu monster Aqua dari tangan atau field termasuk dirinya sendiri. Bahkan kartu yang di-negate bisa di-Set di Field kita, Bayangkan lawan mengaktifkan Raigeki, berarti sama saja kita mendapatkan Raigeki gratis. Toadally Awesome ini dapat dengan mudah dipanggil menggunakan efek dari Bahamut Shark. Dan Bahamut Shark ini hanya bisa dipanggil menggunakan 2 monster dengan Level 4 yang memiliki Attribute WATER. Dinosaur pun punya monster WATER berlevel 4 yaitu Kabazauls yang juga merupakan Normal Monster. Target renyah untuk Rescue Rabbit. Versi Toadally Awesome ini juga jadi banyak favorit duelist, dan banyak juga yang mengabungkan Toadally dan Evolzar di Dino-Rabbit deck.


Masa Kejayaan Dinosaur

Sekitar tahun 2017, Dinosaur kedatangan structure deck baru bernama Dinosmasher’s Fury degan boss monster baru dengan ATK 3500 Ultimate Conductor Tyranno. Sekilas memang terlihat seperti perpaduan antara Ultimate Tyranno dan Super Conductor Tyranno. Tetapi Ultimate Conductor Tyranno ini jauh lebih kuat dibandingkan Super Conductor Tyranno. Bukan karena besar seranganya, tapi kemudahan pemanggilan dan efeknya yang bisa bikin geleng-geleng kepala. Ultimate Conductor Tyranno ini bisa dipanggil dengan mem-banish 2 monster Dinosaur dari Graveyard. Sekali setiap putarannya, sobat duelist bisa menghancurkan satu monster dari tangan atau deck lalu mengubah posisi semua monster di arena lawan menjadi face-down Defense position. Dan parahnya ketika monster ini menyerang monster dengan posisi bertahan, sobat duelist bisa mengirimkan (send) monster tersebut ke Graveyard dan memberi damage sebesar 1000 ke LP lawan, dan ini bukan destroy loh yah, tapi send. Bahkan yang face-down pun gak akan flip jadi face-up dulu, jadi flip effect juga gak akan aktif. Dan yang paling ajaib monster ini bisa nyerang setiap monster lawan. Dinosaur juga didukung oleh Babycerasaurus dan kartu baru Petiteranodon yang kalau hancur karena efek bisa memanggil monster dinosaur dari deck. Membuat efek Ultimate Conductor Tyranno menggila kalo menghancurkan kartu-kartu bayi Dinosaur ini.

yugioh dinosaur

Belum cukup sampai di situ, Dinosaur juga banyak mendapat kartu support baru seperti Lost World, Souleating Oviraptor, dan Miscellaneousaurus. Souleating Oviraptor punya efek untuk mencari kartu Dinosaur level berapapun dan dapat ditambahkan ke tangan atau dikirim ke Graveyard. Souleating Oviraptor juga bisa menghancurkan monster Dinosaur di field, punya lawan juga bisa, lalu sobat duelist bisa Special Summon 1 monster Dinosaur dengan Level 4 ke bawah dari Graveyard. Lagi-lagi bayi Dinosaur bisa masuk ke kombo ini. Souleating Oviraptor juga sering dikombinasikan dengan Lost World, cara adalah dengan menghentikan efek menghancurkan dari Souleating Oviraptor, dan sebagai gantinya Lost World akan menghancurkan monster Dinosaur dari deck. Miscellaneousaurus punya efek yang lebih beringas lagi. Di giliran kedua pemain, sobat duelist bisa mengirimkan kartu ini dari tangan ke Graveyard dan semua monster Dinosaur sobat duelist tidak akan kebal terhadap efek kartu monster lawan, super strong. Belum selesai sampai di situ, sobat duelist juga bisa mem-banish kartu ini dari Graveyard, bersama beberapa monster Dinosaur lainnya jika perlu, untuk memanggil monster Dinosaur dengan level sebanyak monster yang di banish langsung dari deck.

deck dinosaur
Kartu baru dari Dinosmasher's Fury

Karena adanya Babycerasaurus dan Petiteranodon, archetype True King sangat membantu mempercepat kombo deck Dinosaur. Kombinasi Dino True King menjadi favorite banyak duelist karena dapat memanggil monster-monster kuat seperti Ultimate Conductor Tyranno dan True King of All Calamities dengan cepat dan mudah. Dan dengan sedikit bantuan dari Yang Zing, Dino True King Yang Zing berhasil menjadi deck yang sangat ditakuti di tahun 2017. Kemampuan deck ini untuk mengeluarkan monster dengan serangan besar dan juga monster-monster dengan efek negasi yang hebat, seperti Naturia Beast atau Toadally Awesome, membuat deck ini sangat terkenal. Bahkan Dino True King Yang Zing racikan Ryosuke Tsujimura memenangkan Kejuaraan Dunia Yu-Gi-Oh 2017 yang berlangsung di Jepang. Ini adalah turnamen dunia pertama yang menggunakan aturan terbaru dengan link summon, dan Ryosuke Tsujumura ini menang tanpa menggunakan satupun Link Monster. Dan sebenarnya lawannya saat final, Shen Fei Milton Shua, juga menggunakan Dino True King Yang Zing dengan racikan yang berbeda. Ini membuktikan bahwa Dinosaur merupakan deck terkuat saat itu. Setelah pertandingan tersebut, akhirnya Miscellaneousaurus di limit, bahkan Litosagym dan Denglong pun di forbidden dalam duel.

Baru-baru ini Dinosaur kedapatan lagi support baru : Overtex Qoatlus dan Spell Card Double Evolution Pill. Lagi-lagi dinosaur dapat kartu yang super kuat. Overtex Qoatlus ini tidak bisa di Normal Summon/Set. Harus di Special Summon dari tangan dengan mengembalikan 5 monster Dinosaur yang ter-banish ke deck. Sekali per giliran, ketika lawan mengaktifkan Spell atau Trap, sobat duelist bisa menghancurkan 1 monster Dinosaur dari tangan atau field untuk menghilangkan efek kartu Spell dan Trap tadi dan menghancurkannya. Jika kartu ini terkirim ke Graveyard karena efek kartu, sobat duelist bisa menambahkan Spell Card dengan nama "Evolution Pill" di dalamnya dari Deck ke tangan. Yang berarti Double Evolution Pill juga termasuk.


Dan efek dari Double Evolution Pill adalah dengan membanish 1 monster Dinosaur dan 1 monster non-Dinosaur dari tangan dan atau graveyard, sobat duelist akan Special Summon 1 monster Dinosaur dengan Level 7 ke atas dari tangan atau deck, tanpa memperdulikan kondisi pemanggilannya. Berarti dengan Spell Card ini, sobat duelist bisa lebih mudah lagi untuk memanggil Ultimate Conductor Tyranno, apalagi kalau sobat duelist berhasil mengkombinasikannya dengan Giant Rex yang akan di special summon jika terbanish.

Overtex Qoatlus ini juga dapat dengan mudah dikirim ke kuburan dari deck dengan menggunakan efek dari Souleating Oviraptor, yang artinya Double Evolution Pill itu sangat mudah untuk ditambahkan ke tangan. Dengan dua kartu tambahan ini, muncul lagi archetype yang cocok untuk dikombinasikan dengan Dinosaur, yaitu Shaddoll

Penggunaan Dinosaur Deck

Sekalipun hanya menggunakan kartu-kartu Dinosaur sudah dapat membuat deck yang kuat, Dinosaur masih sering dikombinasikan dengan banyak engine lainnya untuk membuat kombo yang lebih brutal lagi. Selain pengguna Dino-Rabbit, Dinosaur juga sering dikombinasikan menjadi :

Dino-Lightsworn (Dinosworn)


Dino-Saddoll (Dinodoll/Shaddino)


Dino True King Yang Zing


Kalo sobat duelist pengen nyoba deck Dino terbaru, bisa langsung lihat di video yang udah YuDI cantumkan di atas yah. Oh iya untuk Dino Lightsworn ada beberapa kartu yang masuk ban list, jadi bisa sobat duelist ubah-ubah sesuai selera ya. Di video-video tersebut lengkap mulai dari review dalam duel, daftar kartu, step by step combo, sampai rekomendasi kartu lainnya yang dapat digunakan. Oh iya, pada deck-deck tersebut juga menggunakan berbagai macam teknik pemanggilan, seperti Link Summon, Fusion Summon, Synchro Summon, dan juga Xyz Summon. Jadi buat sobat duelist yang masih asing dengan teknik pemanggilan itu langsung aja artikel YuDI untuk masing-masing teknik pemanggilan ya, atau bisa tonton videonya di YouTube Channel Yugioh Duelist Indonesia.

Oke itulah segala hal yang menarik tentang Dinosaur di Yu-Gi-Oh! Semoga menambah wawasan sobat duelist semua ya, dan silakan mencoba bagi yang belum pernah menggunakan Dinosaur, dijamin nagih deh. Kalau ada pertanyaan silakan langsung aja komen di bawah ini. Sampai jumpa di kesempatan lainnya dan jayalah terus Duelist Indonesia!

1 komentar: