TUTORIAL CARA MELAKUKAN XYZ SUMMON DI YU-GI-OH! - Yugioh Duelist Indonesia

18 April 2018

TUTORIAL CARA MELAKUKAN XYZ SUMMON DI YU-GI-OH!

cara summon xyz

Xyz Summon (エクシーズ召喚 Ekushiizu Shoukan) adalah salah satu jenis Special Summon untuk memanggil Xyz Monster dari Extra Deck. Xyz Summon sendiri mulai dikenalkan di seri anime Yu-Gi-Oh! Zexal. Bisa dibilang Xyz Summon adalah alternatif dari Synchro Summon, karena tidak membutuhkan Tuner Monster dalam pemanggilannya. Dan di awal-awal kemunculannya, Xyz Summon terkadang dikombinasikan dengan deck yang menggunakan Synchro Summon. Tapi Xyz Summon ini unik karena materialnya tidak akan dikirim ke Graveyard? Lah terus gimana? Nah Yugioh Duelist Indonesia akan membahas itu semua di cara melakukan Xyz Summon ini. Cekidot.

Cara Melakukan Xyz Summon

Sebelum itu, sobat duelist harus melihat terlebih dahulu Xyz Monster. Seperti pada monster dari Extra Deck lainnya, Xyz Monster juga memiliki kalimat unik di baris pertamanya, yang akan berisi monster yang dibutuhkan untuk dapat memanggil Xyz Monster tersebut. Contohnya untuk Number 39 : Utopia terdapat tulisan "2 Level 4 Monsters". Monster yang dibutuhkan untuk memanggil Xyz Monster ini disebut dengan istilah Xyz Material. Perlu dicermati karena beberapa Xyz Monster membutuhkan monster yang spesifik, atau bahkan membutuhkan lebih dari 2 monster. Tapi yang pasti Xyz Monster membutuhkan 2 monster atau lebih dengan level yang sama untuk bisa dipanggil. Xyz Monster pun tidak memiliki Level, melainkan Rank. Dan banyaknya Rank akan sama dengan banyaknya Level dari monster yang digunakan sebagai material, misalnya Xyz Monster Rank 4 akan membutuhkan beberapa Monster dengan Level 4.

xyz material
Kebutuhan Xyz Material yang berbeda-beda

Xyz Summon dapat dilakukan pada saat Main Phase 1 atau Main Phase 2, dan semua Xyz Material harus berada di Field dalam posisi face-up, tentu saja semua monster ini harus memiliki level yang sama dan tidak boleh berupa Token monster. Jika semua persyaratan sudah terkumpul, sekarang saatnya melakukan Xyz Summon!
  1. Tumpuk semua Xyz Material dengan posisi vertikal face-up
  2. Letakkan Xyz Monster dari Extra Deck ke Field pada Extra Monster Zone atau Main Monster Zone yang ditunjuk oleh Link Arrow. Dan letakkan tumpukan Xyz Material di bawah Xyz Monster
Dan Xyz Summon pun berhasil dilakukan!

cara xyz summon

Inilah yang membuat Xyz Summon unik, karena Xyz Materialnya tidak akan dikirim ke Graveyard, tapi ditumpuk tepat di bawah Xyz Monster. Beberapa efek Xyz Monster akan meminta sobat duelist untuk melepas salah satu Xyz Material, proses ini dinamakan Detach. Xyz Material tersebut akan terkirim ke Graveyard. Sebaliknya, jika ada efek yang meminta sobat duelist untuk menumpuk kartu di bawah Xyz Monster, proses tersebut dinamakan Attach. Ini adalah dua istilah baru yang dikenalkan mulai Xyz Summon, dan akan tertera pada beberapa efek kartu, terutama Xyz Monster. Oh iya, kalo sobat duelist masih asing dengan istilah Extra Monster Zone atau Arrow link, baca dulu ya artikel YuDI tentang cara melakukan Link Summon.

Xyz Evolution

Cara lain untuk memanggil Xyz Monster adalah dengan menggunakan teknik yang bernama Xyz Evolution, atau kadang disebut sebagai Xyz Change. Sebenarnya Xyz Evolution/Xyz Change ini bukanlah istilah resmi. Tetapi masih sering digunakan oleh para duelist saat berduel. Intinya Xyz Evolution ini akan menggunakan Xyz Monster di Field sebagai material untuk memanggil Xyz Monster lainnya dari Extra Deck. Secara garis besar Xyz Evolution dibagi menjadi dua, yaitu : tanpa menggunakan kartu tambahan dan menggunakan kartu tambahan.

Xyz Evolution Tanpa Kartu Tambahan

Xyz Evolution jenis ini hanya dapat dilakukan jika pada Xyz Monster yang akan dipanggil terdapat tulisan "You can also Xyz Summon this card by using […] as material" pada efek kartunya. Contohnya Number C39 : Utopia Ray bisa dipanggil dengan menggunakan Number 39 : Utopia sebagai materialnya. Jika Xyz Monster dipanggil dengan cara ini, semua Xyz material dari Xyz Monster yang lama akan menjadi material dari Xyz Monster yang baru.

apa itu xyz evolution

Biasanya Xyz Evolution tanpa kartu tambahan ini akan menghasilkan Xyz Monster dengan Rank yang sama. Tetapi ada juga yang menghasilkan Xyz Monster dengan Rank berbeda. Contohnya Gaia Dragon, the Thunder Charger yang memiliki Rank 7 ini dapat dipanggil menggunakan Xyz Monster yang memiliki Rank 5 atau 6 sebagai materialnya.

Xyz Evolution Dengan Kartu Tambahan

Kalau Xyz Evolution yang satu ini perlu kartu bantuan, yaitu Rank-Up Magic, dan terkadang juga Rank-Down Magic. Seperti nama kartu bantuannya, Xyz Monster yang dipanggil ini pasti akan memiliki Rank yang berbeda dengan Xyz Monster yang digunakan sebagai material. Contohnya Number C39 : Utopia Ray V dapat dipanggil menggunakan bantuan Rank-Up Magic Barian's Force dengan menggunakan Number 39 : Utopia sebagai Xyz Material. Sama seperti sebelumnya semua Xyz Material dari Xyz Monster yang lama juga akan menjadi material dari Xyz Monster yang baru.

rank up xyz change

Aturan Lanjutan Tentang Xyz Summon dan Xyz Monster

Dengan kemunculan mekanik dan monster baru, tentunya ada beberapa hal yang perlu sobat duelist perhatikan mengenai Xyz Summon dan Xyz Monster ini.
  1. Walaupun posisi Xyz Monster menjadi Defense, Xyz Materialnya tidak akan ikut menjadi horizontal, tetap vertikal face-up
  2. Kebanyakan Xyz Monster tidak akan bisa menggunakan kemampuannya tanpa Xyz Material, dan beberapa bahkan ada yang memiliki efek yang merugikan
  3. Token monster tidak dapat digunakan sebagai Xyz Material, tapi Trap Monster atau Pseudo-Trap Monster bisa dijadikan Xyz Material. Trap jenis ini akan tetap ditumpuk di bawah Xyz Monster seperti layaknya Xyz Material biasa
  4. Xyz Material yang berada di bawah tumpukkan Xyz Monster tidak dianggap sebagai Monster maupun dianggap berada di Field. Jadi efek yang bertuliskan "when this card sent to Graveyard" tidak akan aktif saat Xyz Material di-detach
  5. Xyz Summon merupakan Built-In Special Summon (Inherent Special Summon), sehingga dapat di-negate. Dan kalau pemanggilannya di-negate, Xyz Monster akan terkirim ke Graveyard, begitu pula dengan Xyz Materialnya
  6. Xyz Monster tidak dapat dipanggil dari Graveyard atau Banished Zone, kecuali pernah melalui Xyz Summon sebelumnya
  7. Jika Xyz Monster meninggalkan Monster Zone, maka Xyz Materialnya akan terkirim ke Graveyard
  8. Xyz Material akan tetap terkirim ke Graveyard sekalipun merupakan Pendulum Monster
  9. Jika Xyz Monster diubah menjadi face-down, Xyz Materialnya tidak akan hilang
  10. Jika Xyz Monster dipanggil dengan cara lain, maka tidak akan memiliki Xyz Material. Kecuali diberikan seperti pada efek Xyz Reborn
  11. Sekalipun semua Monster Zone penuh, Xyz Summon tetap dapat dilakukan dengan menggunakan salah satu material dari Monster Zone yang bisa ditempati oleh Xyz Monster yang akan dipanggil

Xyz Summon di Era Link

Walaupun tidak membutuhkan Tuner, tapi Xyz Summon membutuhkan monster-monster yang berlevel sama untuk dapat dilakukan dengan benar. Hal ini mengharuskan sobat duelist bisa memanggil monster sebanyak-banyaknya. Imbasnya untuk era Link ini, sobat duelist harus membagi antara monster yang akan dijadikan Link Material dan yang akan dijadikan Xyz Material, sehingga akan mengurangi banyaknya Xyz Monster yang bisa dipanggil. Beberapa duelist ada yang mengkombinasikan Deck Xyz dengan monster-monster Pendulum yang nantinya akan digunakan untuk melakukan Pendulum Summon. Jadinya, monster pun terkumpul dengan mudah di Field. Namun tetap menjadi masalah untuk memanggil monster dengan Rank tinggi.

Oke itulah yang bisa YuDI bahas tentang Xyz Summon, semoga semakin bertambah wawasannya tentang duel dan semakin bisa membuat kombo yang lebih brutal lagi. Seperti biasa kalau ada pertanyaan langsung aja komen di bawah. Oke sampai jumpa di kesempatan lainnya, dan jayalah terus Duelist Indonesia.

3 komentar:

  1. Apakah kartu jenis monster effect, fusion, ritual, syncro, link bisa battle lawan xyz monster?

    BalasHapus
  2. bang, please bikin akun ig khusus buat sharing2 seputar yugioh dong🙏
    @ilhamadiansyah07

    BalasHapus
  3. Rank Up Magic bisa dipakai kalau namanya sama atau bisa beda juga ya? kalo di contoh number 39 utopia jadi number c39 utopia ray v, misal mau rank up number 39 utopia jadi number lain atau jadi xyz lain yg bukan number bisa ga ya? Terima kasih :)

    BalasHapus