8 TIPE KARTU MONSTER DI YU-GI-OH! - Yugioh Duelist Indonesia

16 April 2018

8 TIPE KARTU MONSTER DI YU-GI-OH!

kartu monster yugioh

Halo sobat duelist, kali ini Yugioh Duelist Indonesia akan menjelas tentang tipe-tipe kartu monste yang ada di Yu-Gi-Oh! Oh ya, yang akan YuDI jelaskan bukan tipe monster yah (monster type) tapi tipe-tipe kartu monster yang warna-warni itu loh. Sampai saat ini ada 8 tipe kartu monster yang ada di permainan Yu-Gi-Oh! Apa aja sih? Langsung aja simak penjelasan YuDI tentang 8 Tipe Kartu Monster di Yu-Gi-Oh!

1. Normal Monster

Normal Monster dapat sobat duelist kenali dengan warna framenya yang kekuning-kuningan. Normal Monster ini tidak memiliki kemampuan khusus, jadi hanya bisa digunakan ATK, DEF, dan namanya saja. Nama?!! Ya, kan kadang-kadang ada efek kartu lainnya yang mengharuskan kita menggunakan kartu lainnya dengan nama tertentu, jadi belum tentu Normal Monster ini tidak berguna. Untuk membedakan dengan Effect Monster, semua tulisan pada kotak deskripsi Normal Monster akan dicetak miring. Walaupun Normal Monster tidak memiliki kemampuan khusus, tetapi banyak kartu lainnya yang memiliki sinergi yang baik dengan Normal Monster seperti : Rescue Rabbit, Summoner's Art, Swing of Memories, dan lain-lain. Salah satu contoh deck yang memanfaatkan Normal Monster sebagai senjata utamanya ada deck dari archetype Phantasm Spiral. Saat ini Normal Monster dengan rekor ATK terbesar dipegang oleh Blue-Eyes White Dragon.

normal monster yugioh

Dulu di kolom ability (baris pertama pada kolom deskripsi yang dicetak tebal) hanya ada tulisan Monster-Type saja (dan Secondary-type jika ada). Namun setelah Starter Deck : Link Strike, semua Normal Monster memiliki "/NORMAL" pada kolom ability.

normal monster errata

2. Effect Monster

Effect Monster dapat dengan mudah dikenali dengan warna framenya yang agak oranye. Selain itu juga ada tulisan "/EFFECT" pada kolom ability. Setiap Effect Monster juga memiliki kemampuan khusus yan tertulis di kotak deskripsinya. Effect Monster merupakan tipe kartu monster yang paling mainstream saat ini, dan juga paling sering digunakan. Karena banyak sekali kemampuan yang ada, kemampuan khusus dari Effect Monster ini diklasifikasikan jadi 4, yaitu : Ignition Effect, Trigger Effect, Quick Effect, dan Continuous Effect. Apa aja sih itu? Nah, YuDI akan jelaskan di artikel khusus, biar gak kepanjangan.

yugioh effect monster

Walaupun Effect Monster dapat dikenali dengan warna framenya yang khusus, tetapi tipe monster lainnya seperti Ritual Monster, Fusion Monster, Synchro Monster, XYZ Monster, Pendulum Monster, dan Link Monster yang memiliki tulisan "/EFFECT" pada kolom ability juga dikategorikan sebagai Effect Monster. Hal ini perlu diingat oleh para sobat duelist semua karena beberapa kartu akan menyebut secara spesifik "Effect Monster" pada kemampuan kartunya.

3. Ritual Monster

Ritual Monster dapat dikenali dengan warna framenya yang berwarna biru. Ritual Monster ini harus dipanggil dengan cara khusus yaitu dengan melakukan Ritual Summon. Untuk Ritual Summon ini dibutuhkan Ritual Spell Card khusus, yang bisa sobat duelist lihat pada efek kartu dari Ritual Monster yang bersangkutan. Segala sesuatu tentang Ritual Summon, akan YuDI bahas di artikel khusus. Ritual Monster ini hanya bisa dipanggil melalui Special Summon, jadi sobat duelist tidak bisa memanggilnya melalui Normal Summon atau Tribute Summon. Terlebih lagi sobat duelist tidak bisa Special Summon Ritual Monster dari Graveyard atau yang ter-banish, kecuali Ritual Monster tersebut pernah melaui Ritual Summon sebelumnya.

ritual monster yugioh

Ritual Monster dan Ritual Spell akan berada pada Main Deck, jadi normalnya untuk memanggil monster ini sobat duelist harus memiliki Ritual Monster dan Ritual Spell pasangannya di tangan.

4. Fusion Monster

Kalau Ritual Monster warna biru, kalau Fusion Monster ini memiliki frame berwarna ungu, ada juga yang bilang violet. Tapi sobat duelist tentu bisa membedakan kedua tipe kartu ini ya. Terlebih lagi Fusion Monster akan berada pada Extra Deck. Selain memiliki "/FUSION" pada bagian ability, Fusion Monster juga memiliki baris pertama yang unik pada kotak deskripsinya. Baris pertama ini adalah kartu-kartu yang dibutuhkan untuk bisa memanggil Fusion Monster ini. Dan pemanggilan ini hanya bisa dilakukan melalui Fusion Summon, menggunakan Spell Card khusus Polymerization. Tapi ada juga beberapa kartu yang dapat menggantikan posisi Polymerization untuk melakukan Fusion Summon, dan semua itu akan YuDI bahas di artikel khusus.

yugioh fusion monster

5. Synchro Monster

Bisa dibilang ini adalah kartu paling ngejreng di Yu-Gi-Oh! karena warna framenya yang putih. Seperti Fusion Monster, Synchro Monster ini akan berada pada Extra Deck dan memiliki baris pertama yang unik, yaitu monster-monster yang dibutuhkan untuk memanggil Synchro Monster tersebut. Pemanggilan ini disebut dengan Synchro Summon, dan sobat duelist akan membutuhkan Tuner Monster, salah satu Secondary-type dari monster di Yu-Gi-Oh! Tenang aja, nanti YuDI akan jelaskan khusus tentang Synchro Summon kalau sobat duelist masih asing dengan monster yang satu ini. Dan tentu saja Synchro Monster akan memiliki "/SYNCHRO" pada bagian ability.

yugioh synchro monster

6. Xyz Monster

Cara bacanya bukan seperti pada kartu XYZ Dragon Cannon, tetapi dibaca "eksiiz". Kata Xyz ini berasal dari "exceed". Xyz Monster ini memiliki warna frame hitam dan akan berada di Extra Deck. Seperti pada monster dari Extra Deck lainnya, Xyz Monster juga akan memiliki baris pertama yang unik, yaitu monster-monster yang dibutuhkan untuk memanggil monster ini, yang biasanya adalah dua monster atau lebih dengan level yang sama. Uniknya, Xyz Monster ini tidak memiliki Level, bintang yang ada pada kartu ini memiliki warna yang lebih gelap dan rata kiri, dan bintang-bintang ini mewakili Rank. Jadi bisa dibilang kartu-kartu yang berefek kepada monster berlevel tidak akan mempan terhadap Xyz Monster. Buat yang penasaran gimana cara memanggil monster yang satu ini, langsung aja lihat artikel tentang Xyz Summon.

apa itu xyz monster

7. Pendulum Monster

Monster ini sangat unik karena bisa dibilang gabungan dengan Spell Card, makannya bagian bawah framenya akan berwarna hijau. Sampai saat ini Pendulum Monster "menempel" pada Normal Monster, Effect Monster, Fusion Monster, Synchro Monster, dan Xyz monster. Jadi warna bagian atas framenya akan bermacam-macam tergantung Pendulum Monster ini "nempel" ke tipe kartu monster yang mana. Karena setengah Spell Card, Pendulum Monster ini dapat dimainkan sebagai Spell di Pendulum Zone dalam posisi face-up, tidak boleh face-down. Nah ini akan berguna untuk Pendulum Summon yang akan YuDI jelaskan di artikel khusus. Selain memiliki tulisan "/PENDULUM" di bagian ability, Pendulum Monster akan memiliki dua kotak deskripsi. Mudahnya, kotak deskripsi yang di atas, atau biasa dikenal dengan Pendulum Effect, bisa digunakan saat Pendulum Monster berada di Pendulum Zone. Dan kotak deskripsi yang ada di bawah akan digunakan ketika Pendulum Monster tidak berada di Pendulum Zone. Semua Pendulum Monster juga memiliki ikon panah dan angka di atasnya, ini dikenal sebagai Pendulum Scale, yang hanya akan aktif saat kartu ini ada di Pendulum Zone dan akan berguna untuk melakukan Pendulum Summon.

penjelasan kartu pendulum

Uniknya lagi, kalau Pendulum Monster ini akan terkirim dari field ke Graveyard, maka Pendulum Monster akan disimpan di Extra Deck dalam posisi face-up. Pendulum Monster yang sekaligus sebagai Fusion Monster, Synchro Monster, dan Xyz Monster akan tetap berada pada Extra deck pada posisi tertutup di awal permainan. Sedangkan Pendulum Monster lainnya akan berada pada Main Deck.

yugioh indonesia

8. Link Monster

Tipe kartu monster terbaru saat ini, memiliki warna frame yang sama dengan Ritual Monster yaitu biru, hanya saja Link Monster ini memiliki pola segienam yang nampak seperti sarang lebah pada framenya. Terlebih lagi Link Monster akan berada pada Extra Deck, jadi dijamin gak akan ketuker. Selain memiliki "/LINK" pada bagian ability, Link Monster tidak memiliki Level ataupun Rank. Uniknya lagi Link Monster juga tidak memiliki poin DEF, sehingga Link Monster tidak bisa diubah menjadi posisi bertahan, apalagi face-down, dan terkadang kondisi ini akan menguntungkan sobat duelist dalam permainan. Sebagai ganti dari poin DEF, Link Monster memiliki Link Rating. Mudahnya, Link Rating merupakan banyaknya material yang dibutuhkan untuk memanggil Link Monster tersebut. Misal tulisannya "Link - 2" berarti butuh 2 material untuk bisa dipanggil. Nah semua itu akan YuDI kupas tuntas dalam artikel khusus Link Summon ya.

penjelasan link monster

Selain itu Link Monster juga memiliki 8 panah yang ada di sekitar artwork kartunya. Diantara 8 panah ini, akan ada panah-panah yang menyala merah sebanyak Link Rating yang dimiliki Link Monster tersebut. Panah-panah yang menyala ini dikenal dengan istilah Link Arrow, atau dalam versi OCG dan anime akan disebut sebagai Link Marker. Nah Main Monster Zone yang ditunjuk oleh Link Arrow ini bisa diisi oleh monster yang dipanggil dari Extra Deck. Jadi untuk sobat duelist yang pengen manggil banyak monster dari Extra Deck, YuDI sarankan kuasai Link Summon terlebih dahulu.

memanggil link monster

Yang Perlu Dicermati Pada Tipe Kartu Monster di Yu-Gi-Oh!

Walaupun sobat duelist sudah mengenali tipe-tipe kartu monster yang ad di Yu-Gi-Oh!, tapi ada beberapa poin yang perlu sobat duelist cermati dan ingat mengenai kartu-kartu ini, yaitu :
  • Ritual Monster, Fusion Monster, Synchro Monster, Xyz Monster, dan Link Monster yang berada di Graveyard atau ter-banish tidak dapat di-Special Summon ke field, kecuali pernah dipanggil dengan cara yang benar sebelumnya, contoh Ritual Monster pernah dipanggil melalui Ritual Summon sebelumnya dan seterusnya
  • Ritual Monster, Fusion Monster, Synchro Monster, Xyz Monster, dan Link Monster yang tidak memiliki kemampuan tambahan, dengan kata lain tidak memiliki "/EFFECT" pada bagian ability tidak dianggap sebagai Normal Monster, kartu-kartu monster seperti itu hanya dianggap sebagai non-effect monster
  • Semua kartu yang berasal dari Extra Deck (Fusion Monster, Synchro Monster, Xyz Monster, dan Link Monster) tidak dapat disimpan di tangan, jadi semua kartu yang akan membuat semua monster ini ke tangan akan membuat monster-monster ini kembali ke Extra Deck dalam posisi face-down.

Oke, itulah tipe-tipe kartu monster yang ada di Yu-Gi-Oh! Semoga menjadi wawasan bagi sobat duelist semua. Untuk yang ingin tau lebih lanjut tentang monster di Yu-Gi-Oh! bisa langsung baca artikel YuDI tentang 6 tipe sekunder kartu monster yang ada di Yu-Gi-Oh! Sampai jumpa di kesempatan lainnya dan jayalah terus Duelist Indonesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar