TUTORIAL CARA MELAKUKAN FUSION SUMMON DI YU-GI-OH! - Yugioh Duelist Indonesia

18 April 2018

TUTORIAL CARA MELAKUKAN FUSION SUMMON DI YU-GI-OH!

tutorial fusion summon bahasa indonesia

Fusion Summon (融合召喚 Yuugou Shoukan) adalah salah satu jenis Special Summon untuk memanggil Fusion Monster dengan efek kartu (biasanya Spell Card) yang memiliki tulisan "Fusion Summon" pada efeknya, contohnya seperti Polymerization. Selain cara pemanggilannya yang khusus, ada beberapa hal lainnya juga yang harus sobat duelist ketahui mengenai Fusion Monster dan Fusion Summon, termasuk berbagai macam cara yang dapat digunakan untuk memanggil Fusion Summon. Kali ini Yugioh Duelist Indonesia akan membahas itu semua di tutorial melakukan Fusion Summon ini.

Cara Melakukan Fusion Summon

Sebelum terburu-buru melakukan Fusion Summon, sobat duelist perlu terlebih dahulu mencermati Fusion Monsternya. Pada baris pertama terdapat tulisan unik, contohnya pada Dark Paladin terdapat tulisan "Dark Magician + Buster Blader". Semua yang tertulis di baris pertama ini dikenal dengan istilah Fusion Material. Informasi ini perlu betul-betul dilihat, karena ada sebagian Fusion Material yang membutuhkan Fusion Materal yang lebih umum contoh Starving Venom Fusion Dragon dengan "2 DARK monsters on the field except Tokens" sebagai Fusion Material, atau Frightfur Kraken dengan "1 Fluffal monster + 1 Edge Imp monster" sebagai Fusion Material.

tutorial fusion

Pada dasarnya untuk melakukan Fusion Summon dibutuhkan Fusion Monster pada Extra Deck, semua Fusion Material (biasanya berada di tangan dan Field) dan kartu dengan efek Fusion Summon, seperti Polymerization. Tapi karena Yu-Gi-Oh! itu semakin berkembang dari tahun ke tahun, metode untuk melakukan Fusion Summon menjadi beragam, tidak hanya menggunakan Polymerization saja. Oke YuDI akan bahas satu persatu

Metode Biasa : Menggunakan Polymerization

Nah yang ini metode paling standar dengan menggunakan Spell Card Polymerization sebagai kartu yang berefek Fusion Summon. Fusion Materialnya bisa dari tangan ataupun Field, dan Fusion Material yang di Field pun boleh dalam posisi face-down. Jika semua kebutuhan sudah terkumpul, saatnya melakukan Fusion Summon!
  1. Aktifkan Spell Card Polymerization
  2. Kirimkan Fusion Material dari tangan dan/atau Field ke kuburan
  3. Letakkan Fusion Monster dari Extra Deck ke Field pada Extra Monster Zone atau Main Monster Zone yang ditunjuk oleh Link Arrow
Dan Fusion Summon berhasil dilakukan!

fusion summon yugioh

Nah memang ada perubahan sedikit yah di aturan terbaru yaitu terdapat zona khusus untuk menyimpan monster yang dipanggil dari Extra Deck. Jadi yang masih asing dengan monster terbaru, baca dulu artikel YuDI tentang Link Summon. Selain Polymerization masih banyak kartu lainnya yang memiliki efek Fusion Summon, namun biasanya hanya untuk archetype tertentu saja seperti Gem-Knight Fusion untuk archetype Gem-Knight, Shaddoll Fusion untuk Shaddoll, Miracle Fusion untuk Elemental Hero, dan lain-lain. Efek-efek kartu ini harus sobat duelist cermati baik-baik, karena beberapa kartu akan menggunakan Fusion Material dari tempat yang berbeda, misal dari deck langsung, dari Field saja, dan semacamnya. Bahkan beberapa kartu akan mem-banish Fusion Materialnya, jadi perlu jadi perhatian sebelum menggunakannya.

Menggunakan Fusion Substitute Monster

Di Yu-Gi-Oh! ada beberapa kartu yang dapat menggantikan Fusion Material, asalkan sobat duelist memiliki Fusion Material lainnya. Monster-monster seperti ini dikenal dengan istilah Fusion Substitute Material. Biasanya akan memuat teks "This card can be used as a substitute for any 1 Fusion Material whose name is specifically listed on the Fusion Monster Card, but the other Fusion Material(s) must be correct" pada efek kartunya. Contohnya adalah King of the Swamp. Fusion Subtitute Material tetap bisa digunakan sekalipun di tangan, face-down di field, ataupun di Graveyard. Misal sobat duelist ingin memanggil Dark Paladin melalui Fusion Summon dengan menggunakan King of the Swamp dan Buster Blader sebagai Fusion Material. Pada kasus ini King of the Swamp menggantikan posisi Dark Magician.

cara melakukan fusion summon

Walaupun terdengar powerful, tapi tetap ada batasan dalam penggunaan Fusion Substitute Monster. Sobat duelist tidak bisa menggunakan Fusion Substitute Monster untuk kasus-kasus berikut :
  1. Fusion Monster yang hanya bisa di-Special Summon dengan cara menggunakan Fusion Materialnya dari Field (tanpa menggunakan Polymerization), seperti Fusion Monster dari Neos dan Gladiator Beast (biasa juga dikenal dengan Contact Fusion)
  2. Fusion Monster yang membutuhkan Fusion Material yang tidak boleh digantikan, biasanya akan memuat teks "A Fusion Summon of this card can only be done with the above Fusion Materials" pada efek kartunya, contoh : Cyber End Dragon
  3. Fusion Monster yang tidak menyebutkan secara spesifik nama monster pada Fusion Materialnya, contohnya Starving Venom Fusion Dragon dengan "2 DARK monsters on the field except Tokens" sebagai Fusion Material. Jika ada Fusion Monster yang menyebutkan nama monster secara spesifik dan monster yang lebih umum sekaligus sebagai Fusion Material (contohnya Ultimate Ancient Gear Golem), maka Fusion Substitute Monster hanya bisa menggantikan Fusion Material dengan nama monster yang ditulis spesifik
  4. Menggunakan lebih dari 1 Fusion Substitute Monster
  5. Fusion Summon yang menggunakan Fusion Material dari Deck atau yang ter-banish

Menggunakan Monster Berefek Fusion Summon Sebagai Material

Beberapa monster juga memiliki kemampuan untuk dapat melakukan Fusion Summon ketika ada Fusion Material lainnya. Cara ini lebih cepat dibanding dua cara sebelumnya karena membutuhkan kartu yang lebih sedikit, artinya kemungkinannya pun lebih besar. Namun biasanya terbatas pada archetype tertentu saja, alias gak bisa digunakan secara umum. Contohnya D/D/D Flame King Genghis dapat dipanggil melalui Fusion Summon menggunakan D/D Swirl Slime dan D/D Savant Kepler dari tangan sebagai material. Dalam kasus ini D/D Swirl Slime bertindak sebagai Fusion Material sekaligus kartu yang memiliki efek untuk melakukan Fusion Summon.

fusion dengan efek kartu

Untuk cara yang satu ini betul-betul beragam, jadi sobat duelist juga harus melihat efek kartu yang bersangkutan, karena sangat bergantung dengan Fusion Materialnya akan digunakan dari mana. Contohnya saja Ancient Gear Hunting Hound ini dapat menggunakan Fusion Material dari Field maupun tangan, berbeda dengan D/D Swirl Slime yang menggunakan Fusion Material dari tangan saja, atau dengan D/D Necro Slime yang mem-banish Fusion Material dari Graveyard. Tapi ada satu hal yang sama dari semua efek ini, yaitu adanya teks "Fusion Summon" pada efeknya, bukan "Special Summon ... Fusion Monster". Sedikit perbedaan istilah yang akan fatal jika diabaikan.

Melakukan Contact Fusion

Yang ini agak berbeda sedikit karena Contact Fusion bukanlah istilah resmi, hanya istilah yang diadaptasi dari anime dan manga Yu-Gi-Oh! Tapi tetap digunakan untuk kenyamanan dan kemudahan penyebutan dalam duel. Istilah ini mulai dikenalkan pada Yu-Gi-Oh! GX ketika Yuuki Judai (dikenal sebagai Jaden Yuki pada versi dub) memanggil Neos Fusion Monster tanpa menggunakan Polymerization. Untuk melakukan Contact Fusion biasanya mengharuskan Fusion Material berada di field dan tidak dapat digantikan oleh Fusion Substitute Monster. Semua Fusion Material bisa dikembalikan ke deck, di-banish, dikirim ke graveyard, atau di-Tribute tergantung efek pada Fusion Monster yang akan dipanggil. Contoh archetype yang sangat terkenal memanfaatkan Contact Fusion adalah Gladiator Beast. Sobat duelist bisa memanggil Gladiator Beast Gyzarus dari Extra Deck dengan mengembalikan Gladiator Beast Bestiari dan satu Gladiator Beast lainnya dari Field ke Deck.

melakukan contact fusion

Perlu diingat Contact Fusion ini bukanlah Fusion Summon, hanya Special Summon Fusion Monster. Jadi kartu-kartu yang menarget Fusion Summon secara spesifik tidak akan berpengaruh terhadap Contact Fusion.

Yang Harus Diperhatikan Mengenai Fusion Summon dan Fusion Monster

Ada beberapa tambahan yang harus sobat duelist ingat baik-baik berkenaan dengan Fusion Summon dan Fusion Monster, yaitu :
  1. Fusion Monster yang dipanggil melalui Fusion Summon harus diletakkan dengan posisi face-up, boleh Attack position atau Defense position
  2. Fusion Monster tidak dapat dipanggil ke Field dari Graveyard atau jika ter-banish kecuali sebelumnya pernah dipanggil melalui Fusion Summon.
  3. Walaupun Contact Fusion bukanlah Fusion Summon, tetapi Contact Fusion termasuk salah satu Built-In Special Summon (Inherent Special Summon), yaitu Monster's Own Summoning Condition. Jadi Fusion Monster yang dipanggil melalui Contact Fusion tetap bisa dipanggil kembali ke Field jika masuk ke Graveyard atau ter-banish
  4. Jika semua Monster Zone penuh, Fusion Summon tetap dapat dilakukan, asalkan menggunakan salah satu material dari Monster Zone yang dapat ditempati Fusion Monster nantinya.

Perkembangan Fusion Summon

Dari dulu sampai sekarang banyak sekali deck-deck yang menggunakan Fusion Monster sebagai "senjata" utamanya. Contoh yang paling terkenal di masa lampau ada Electrum Gustav Burn, atau Dark Gaia OTK yang menggunakan fusion spell khusus Dark Fusion dan Dark Calling. Deck-deck tersebut sangat disegani pada masanya. Namun dengan munculnya aturan baru, yang disertai dengan perubahan pada Field, sangat menyulitkan pengguna deck-deck Fusion.

Sebetulnya, sampai saat ini deck-deck yang masih menggunakan Fusion Summon sebagai "senjata" utamanya masih tetap ada. Archetype seperti Invoked, Shaddoll, dan Gem-Knight bahkan mendapatkan Link Monster yang sangat mendukung penggunanya untuk melakukan Fusion Summon. Bahkan dengan Gem-Knight, sobat duelist bisa melakukan First Turn Kill, jadi life point lawan akan habis sebelum mereka melakukan giliran. Buat yang gak sabar pengen nyobain Fusion Summon di duel jaman sekarang, langsung aja cobain Gem-Knight fusion deck, bisa tonton aksinya di video berikut ini. Di situ lengkap penjelasan step by step combonya dan bisa langsung download decknya juga untuk pengguna YGOPro, di video itu YuDI menggunakan bahasa Inggris untuk menjelaskan kombo-kombonya.


Buat sobat duelist yang pengen banget bikin Deck Fusion, ada beberapa engine dan kartu yang bisa sobat duelist gunakan untuk menambahkan Fusion Spell dan Fusion Material secara cepat ke tangan. Kartu-kartu seperti Fusion Sage atau Fusion Concription sangat berguna buat para pengguna Fusion.  Dengan dua kartu ini, sobat duelist bisa dengan mudah mendapatkan Polymerization dan Fusion Material ke tangan. Banyak juga engine yang dikembangkan untuk mendukung Fusion, yang paling terkenal adalah engine Predaplant, dengan Predaplant Ophrys Scorpio dan Predaplant Darlingtonia Cobra, sobat duelist bisa dengan mudah mendapatkan Fusion Spell card sesuai kebutuhan.

Nah itulah segala hal yang berkenaan dengan Fusion Summon, mulai dari cara-cara melakukan Fusion Summon sampai kartu-kartu yang dapat digunakan untuk membantu Fusion Summon. Walaupun Fusion Summon merupakan teknik pemanggilan dari Extra Deck yang paling jadul, tapi tetap powerful. Dan paling jarang digunakan diantara teknik pemanggilan dari Extra Deck lainnya. Jadi gak semua duelist akan siap menghadapi Deck Fusion. Semoga penjelasan YuDI bermanfaat buat sobat duelist semua, dan jangan berhenti sampai di sini. Sobat duelist bisa mencoba teknik pemanggilan lainnya dari Extra Deck, mulai dari : Synchro Summon, Xyz Summon, dan Link Summon, serta jangan lupakan Pendulum Summon ya. Oke? Sampai jumpa di kesempatan berikutnya dan jayalah terus Duelist Indonesia!

2 komentar: