TUTORIAL CARA MELAKUKAN LINK SUMMON DI YU-GI-OH - Yugioh Duelist Indonesia

17 April 2018

TUTORIAL CARA MELAKUKAN LINK SUMMON DI YU-GI-OH

tutorial link summon bahasa indonesia

Link Summon (リンク召喚 Rinku Shoukan) adalah teknik pemanggilan untuk Special Summon monster terbaru di Yu-Gi-Oh! yaitu Link Monster. Walaupun merupakan teknik pemanggilan terbaru, tapi Link Summon ini harus terlebih dahulu dikuasai dibanding teknik pemanggilan monster dari Extra Deck lainnya. Karena tanpa Link Monster, sobat duelist tidak akan bisa memanggil lebih dari satu monster dari Extra Deck.

Cara Melakukan Link Summon

Pertama YuDI akan review sedikit tentang Link Monster. Monster ini tidak memiliki Level, Rank, ataupun poin DEF. Sebagai gantinya Link Monster memiliki Link Rating dan panah-panah yang menyala disekitarnya dan disebut sebagai Link Arrow (dalam OCG disebut Link Marker). Untuk memanggil Link Monster sobat duelist perlu melihat Link Rating yang dimiliki. Huruf "N" pada Link Rating ini menunjukkan material yang dibutuhkan untuk memanggil Link Monster tersebut, selanjutnya material ini akan YuDI sebut sebagai Link Material. Contohnya Underclock Taker yang memiliki tulisan "Link-2", artinya membutuhkan 2 Link Material untuk bisa dipanggil. Selanjutnya, sobat duelist harus melihat baris pertama pada kotak deskripsi. Di situ dituliskan minimal syarat monster yang dapat digunakan sebagai Link Material. Contohnya pada Underclock Taker bertuliskan "2 Effect Monsters", artinya dibutuhkan 2 monster dan keduanya harus memiliki "/EFFECT" pada bagian ability alias harus Effect Monster. Syarat pemanggilan ini sangat penting, karena ada beberapa Link Monster yang memerlukan material khusus, seperti Tricsktar Holy Angel yang membutuhkan 2 monster Trickstar.

persyaratan link summon

Monster yang dijadikan Link Material harus berada di Field dalam posisi face-up, tidak boleh face-down. Semua tipe kartu monster boleh digunakan asalkan sesuai dengan syarat yang tertulis pada baris pertama di kotak deskripsi Link Monster. Link Monster yang akan dipanggil pun harus berada dalam posisi face-down di Extra Deck.

Jika semua syarat sudah dipenuhi, saat melakukan Link Summon
  1. Kirimkan semua Link Material yang memenuhi syarat dari Field ke Graveyard
  2. Letakkan Link Monster dari Extra Deck ke Field pada Extra Monster Zone atau Main Monster Zone yang ditunjuk oleh Link Arrow
Dan Link Summon berhasil dilakukan!

Main Monster Zone yang ditunjuk oleh Link Arrow ini bisa digunakan untuk meletakkan monster yang dipanggil dari Extra Deck, itulah mengapa Link Summon ini sangat penting, karena bisa dibilang gerbangnya bagi monster dari Extra Deck lainnya.


Menggunakan Link Monster Sebagai Link Material

Bisakah menggunakan Link Monster sebagai Link Material? Jelas bisa. Uniknya Link Monster bisa dianggap sebanyak Link Rating yang dimilikinya. Sebagai contoh Undercock Taker dengan Link-2, maka monster ini bisa dianggap sebagai 1 Link Material atau sebagai 2 Link Material.

Sebagai contoh, sobat duelist bisa melakukan Link Summon Decode Talker yang memiliki Link Rating 3, dengan Link-2 Underclock Taker ditambah dengan 1 Effect Monster lainnya sebagai Link Material. Atau bahkan dengan 2 Underclock Taker sebagai Link Material, karena 1 Underclock Taker bisa dianggap sebagai 1 Link Material dan Underclock Taker lainnya dianggap sebagai 2 Link Material. Yang pasti Link Material yang digunakan harus sama dengan Link Rating yang dimiliki Link Monster yang akan dipanggil.


Walaupun Link Materialnya cukup, tapi sobat duelist harus tetap memperhatikan syarat pemanggilan dari Link Monsternya. Contohnya : Borreload Dragon tidak dapat dipanggil menggunakan Decode Talker plus 1 Effect Monster lainnya. Walaupun secara Link Rating pas (Link-3 + 1 Effect Monster = Link-4), tapi Borreload Dragon membutuhkan minimal 3 Effect Monster untuk dapat dipanggil.

Yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Link Summon

Karena berhubungan dengan penggunaan zona khusus pada Field, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai Link Monster dan Link Summon, yaitu :
  1. Link Monster yang dipanggil harus dalam keadaan face-up Attack Position
  2. Jika kedua Extra Monster Zone kosong, pilihlah salah satu untuk meletakkan Link Monster. Extra Monster Zone satu lagi jadi jatah lawan.
  3. Jika menggunakan Link Monster sebagai material dan menyebabkan kedua Extra Monster Zone kembali kosong, sobat duelist boleh memilih lagi salah satu diantaranya
  4. Link Monster yang terkirim ke Graveyard atau ter-banish tidak dapat dipanggil ke field kecuali pernah melalui Link Summon sebelumnya
  5. Jika pernah melalui Link Summon sebelumnya, Link Monster yang di Special Summon dari Graveyard atau yang ter-banish akan diletakkan di Main Monster Zone yang sobat duelist pilih (tidak perlu ditunjuk oleh Link Arrow)
  6. Link Monster yang dikembalikan ke tangan akan kembali ke Extra Deck dalam posisi face-down
  7. Efek kartu dengan kemampuan Special Summon monster dalam Defense Position atau face-down tidak dapat digunakan untuk memanggil Link Monster
  8. Link Monster tidak dapat diubah posisinya menjadi Defense Position apalagi face-down, kecuali oleh efek kartu Darkness Approaches yang akan membuat posisi Link Monster menjadi face-up Attack Position. Artinya efek dan Link Arrow dari monster ini juga tidak akan aktif
  9. Jika Link Monster berpindah kepemilikan, misal karena efek Enemy Controller, sekalipun awalnya berada pada Extra Monster Zone, Link Monster akan berpindah ke Main Monster Zone lawan. Dan jika kepemilikan Link Monster tersebut kembali berpindah, maka akan disimpan di Main Monster Zone, tidak kembali ke Extra Monster Zone

Co-Link : Link Arrow yang Saling Menunjuk

Jika sobat duelist berhasil memanggil lebih dari satu Link Monster, tidak jarang ada dua Link Arrow yang saling menunjuk dari monster yang berdekatan. Kejadian seperti in disebut dengan istilah Co-link. Beberapa efek seperti Tri-Gate Wizard dan Firewall Dragon akan memanfaatkan kejadian seperti ini untuk mendapatkan kemampuan yang lebih hebat.

link monster co link

Selain itu, sebenarnya sobat duelist bisa mengisi kedua Extra Monster Zone sekaligus, asalkan sobat duelist memenuhi kejadian yang disebut Extra Link. Extra Link akan terjadi ketika Link Arrow dari kedua monster di Extra Monster Zone saling terhubung melalui Link Arrow dari Link Monster yang berada di Main Monster Zone. Karena bahasannya agak banyak, YuDI akan kupas tuntas Extra Link ini dalam sebuah artikel khusus.

penjelasan extra link

Nah itulah cara untuk melakukan Link Summon plus kejadian apa saja yang aka terjadi berkenaan dengan Link Monster dan Link Summon. Semoga bermanfaat bagi sobat duelist semua dan semakin jago dalam membangun kombo. Nah kalau sobat duelist sudah menguasai Link Summon saatnya mengkombinasikannya dengan pemanggilan dari Extra Deck lainnya seperti Fusion Summon, Synchro Summon, dan Xyz Summon. Tentunya juga tetap bisa dikombinasikan dengan pemanggilan dari tangan dan Extra Deck sekaligus yaitu Pendulum Summon. Oke, sampai jumpa di kesempatan lainnya, kalau ada pertanyaan langsung aja komen di bawah atau komen di channel YouTube Yugioh Duelist Indonesia juga boleh. Selamat ber-Link Summon ria dan jayalah terus Duelist Indonesia!

1 komentar:

  1. Min,itu game yu gi oh yg di pick namanya yugioh apaan y???

    BalasHapus