10 MONSTER FUSION TERBAIK DI YU-GI-OH! - Yugioh Duelist Indonesia

01 Oktober 2018

10 MONSTER FUSION TERBAIK DI YU-GI-OH!

monster terkuat yugioh
Fusion Summon adalah teknik pemanggilan dari Extra Deck paling kuno di Yu-Gi-Oh! Berawal cuma keren-kerenan saja, sekarang monster-monster Fusion sudah mengalami banyak kemajuan pesat, baik dari kemampuan maupun dari kemudahan pemanggilannya. Dan diantara banyaknya monster Fusion, Yugioh Duelist Indoensia sudah memiliki 10 monster Fusion terbaik. Penilaian ini tidak hanya dari besarnya ATK ya, tapi juga menilai kemampuan, dan juga kemudahan pemanggilan. Karena kalau efeknya imba tapi susah banget buat dipanggil ya sama aja bohong. Oke, inilah 10 Monster Fusion Terbaik di Yu-Gi-Oh! versi Yugioh Duelist Indonesia.

10. The Last Warrior from Another Planet


Fusion Monster yang satu ini pasti sobat duelist kenali kalau pernah duel di game Yu-Gi-Oh! Power of Chaos : Joey the Passion. The Last Warrior from Another Planet dapat dipanggil dengan Zombyra the Dark dan Maryokutai sebagai Fusion Material. Efek monster ini sangatlah kuat, karena menghambat pemain untuk melakukan Summon jenis apapun, Normal Summon, Flip Summon, bahkan Special Summon semuanya tidak diperbolehkan, jadi cuma boleh Set aja. Walaupun memang sih ketika monster ini dipanggil, akan mengahncurkan semua monster yang ada di Field sobat duelist. Tapi hal seperti ini bisa dengan mudah diatasi dengan Forbidden Chalice, jadi monster di Field sobat duelist gak jadi hancur, plus masih bisa melakukan Summon di giliran tersebut. The Last Warrior from Another Planet ini sangat bagus jika dikombinasikan dengan Dark Simorg dan Anti-Spell Fragrance, dan dijamin lawan hampir gak akan bisa melakukan apapun, kecuali mengaktifkan Hand Trap atau mengaktifkan efek dari Graveyard.

9. Supreme King Z-ARC


Fusion Monster yang satu ini merupakan antagonis terakhir di Yu-Gi-Oh! ARC-V. Dan dikenal dengan efeknya yang sangat imba. Ketika monster ini dipanggil saja, Z-ARC akan menghancurkan semua kartu di arena lawan, gak cuma monster loh, tapi semuanya. Z-ARC juga tidak dapat dihancurkan oleh efek lawan, dan juga tidak dapat ditarget oleh efek lawan, dari segi efek bertahan pun super strong. Dan kalau Z-ARC berhasil menghancurkan monster lawan karena battle, Z-ARC bisa memanggil monster Supreme King Dragon dari Deck atau Extra Deck. Nah tapi kalau lawan berhasil menghancurkan Z-ARC, sobat duelist bisa meletakkan Z-ARC di Pendulum Zone. Dan Pendulum Effect dari Z-ARC akan aktif, yaitu Fusion monster, Synchro monster, dan Xyz monster milik lawan tidak bisa mengaktifkan kemampuannya. Tidak hanya itu, sekali per gilirannya, ketika lawan menambahkan kartu dari Deck ke tangannya, kecuali pada Draw Phase atau Damage Step, Z-ARC ini bia menghancurkannya.

Kalau dilihat dari segi Fusion Material keliatannya merepotkan ya, karena Z-ARC membutuhkan 4 monster Dragon sebagai materialnya, terlebih lagi harus dari tipe kartu monster yang berbeda : 1 Fusion, 1 Synchro, 1 Xyz, dan 1 Pendulum. Tapi Z-ARC dapat dengan mudah dipanggil dengan menggunakan bantuan Chronograph Sorcerer atau Astrograph Sorcerer. Dengan salah satu dari kedua monster tadi, Chronograph atau Astrogaph dapat mem-banish dirinya dari Field beserta dengan keempat naga dimensi (Starving Venom Fusion Dragon, Clear Wing Synchro Dragon, Dark Rebellion Xyz Dragon, dan Odd-Eyes Pendulum Dragon) dari tangan, Field, atau Gaveyard. Hal ini juga dipermudah karena keempat naga dimensi dapat digantikan oleh 4 Pendulum Magician : Purple Poison Magician, White Wing Magician, Black Fang Magician, dan Double Iris Magician. Walaupun Z-ARC sangat kuat dan mudah dipanggil, namun Z-ARC menduduki peringkat 9 karena Double Iris Magician menjadi Forbidden di TCG, yang artinya sangat membuat kecepatan pemanggilan Z-ARC menurun drastis.

8. Chaos Ancient Gear Giant


Monster yang satu ini dipanggil menggunakan 4 monster Ancient Gear sebagai material. Walaupun kelihatan sulit, tapi sebetunya bisa dipermudah dengan kartu pendukung seperti Ancient Gear Hunting Hound yang bisa melakukan Fusion Summon tanpa Polymerization. Apalagi Ancient Gear memiliki Spell Card khusus Ancient Gear Fusion yang bsa menggunakan Fusion Material dari deck jika memiliki Ancient Gear Golem atau Ancient Gear Golem- Ultimate Pound di Field yang juga akan digunakan sebagai Fusion Material. Para pengguna Ancient Gear pasti pada tau ya betapa mudahnya memanggil monster-monster tersebut dengan cepat. Chaos Ancient Gear Giant ini gak mempan dengan efek Spell atau Trap. Monster ini juga akan memberikan piercing damage, jadi sekalipun lawan mencoba bertahan pun gak ngaruh ya. Apalag monster ini bisa menyerang semua monster lawan. Jadi potensi OTK nya gede banget ya. Dengan ATK sebesar 4500 tentunya jarang monster yang bisa menandingi Chaos Ancient Gear Giant ini.

7. Dark Magician the Dragon Knight


Monster Fusion Dark Magician terbaru ini bisa dipanggil dengan menggunakan Dark Magician dan 1 monster Dragon sebagai materialnya. Kalau dari segi ATK memang kalah yah dibanding dengan Supreme King Z-ARC atau Chaos Ancient Gear Giant. Tapi efek dari Dark Magician the Dragon Knight ini tidak bisa dipandang sebelah mata, monster ini akan melindungi semua Spell dan Trap sobat duelist dari kehancuran, plus gak bisa ditarget oleh efek lawan. Jadi mau di-banish menggunakan Cosmic Cyclone juga gak bisa yah. Jarang banget deh efek removal yang gak menarget, paling contohnya seperti Trishulla, Dragon of the Ice Barrier. Yang membuat monster ini bertengger di peringkat 7 adalah karena adanya Trap Card Eternal Soul. Trap Card ini akan membuat semua Dark Magician di Field menjadi kebal dari semua efek kartu lawan. Fusion Monster ini juga akan dianggap sebagai Dark Magician loh saat di Field. Artinya Fusion Monster dan Trap Card ini akan saling melindungi satu sama lain. Dan itulah mengapa Dark Magician the Dragon Knight bisa menduduki peringkat 7. Fusion Monster ini juga dapat dengan mudah dipanggil menggunakan Spell Card The Eye of Timaeus.

6. ABC-Dragon Buster


Fusion Monster ini butuh A-Assault Core, B-Buster Drake, dan C-Crush Wyvern sebagai Fusion Material. Walaupun butuh 3 material, untungnya ABC-Dragon Buster ini dipanggil menggunakan Contact Fusion, dengan cara banish ketiga materialnya dari Field atau Graveyard. Bahkan jauh lebih mudah dipanggil ya daripada XYZ-Dragon Cannon. ABC-Dragon Buster ini juga sangat mudah dipanggil menggunakan Field Spell Union Hangar, yang akan mempercepat berkumpulnya ketiga Fusion Material. ABC-Dragon Buster juga memiliki kemampuan untuk mem-banish 1 kartu lawan dengan cost discard 1 kartu. Uniknya, kalau ABC-Dragon Buster ini terancam, sobat duelist bisa mem-banish Fusion Monster ini untuk memanggil ketiga Fusion Materialnya dari Banished Zone. Jadi, di giliran berikutnya sobat duelist bisa memanggil ABC-Dragon Buster lainnya. ABC-Dragon Buster ini bisa dibilang sangat fleksibel, dan tetap baik dikombinasikan dengan banyak deck. Saat ini yang paling sering dikombinasikan dengan ABC-Dragon Buster adalah Cyber Dragon dan Ojama.

5. El Shaddoll Winda


Fusion Monster yang satu ini berhasil menduduki peringkat 5 karena kemampuannya. El Shaddoll Winda ini membutuhkan 1 monster Shaddoll dan 1 monster beratribut DARK sebagai Fusion Materialnya. El Shaddoll Winda ini juga dapat dengan mudah dipanggil menggunakan Spell Card Shaddoll Fusion, terlebih kalau lawan memiliki monster yang dipanggil dari Extra Deck, sobat duelist bisa menggunakan Fusion Material langsung dari Deck. Shaddoll memang dikenal sebagai archetype yang memiliki kemampuan khusus saat dikirim ke Graveyard. Artinya, saat El Shaddoll Winda ini dipanggil, sobat duelist pun akan mendapatkan efek dari monster Shaddoll yang digunakan sebagai Fusion Material, minimal 1 dan bahkan bisa 2 efek sekaligus karena semua monster Shaddoll itu beratribut DARK. Selain itu, El Shaddoll Winda juga hanya memperbolehkan pemain untuk melakukan Special Summon sekali saja per gilirannya, yang artinya akan sangat menghambat kebanyakan deck jaman sekarang yang sering menggunakan Special Summon. Biasanya para pengguna Winda akan memanggilnya terakhir agar bisa memenuhi Field dengan monster kuat lainnya.

4. Thousand-Eyes Restrict


Monster ini adalah Fusion Monster pertama yang nongol di Forbidden List ya. Padahal kalau dilihat Fusion Materialnya, monster ini butuh Relinquished dan Thousand-Eyes Idol untuk bisa dipanggil. Yang satu Ritual Monster, yang satu lagi Normal Monster dengan serangan nol dan bakal random banget kalau dibawa dalam deck. Tapi yang menyebabkan Thousand-Eyes Restrict sempat menjadi Forbidden adalah karena kombo antara Scapegoat dan Metamorphosis yang dapat memanggil monster ini dengan sangat cepat. Tapi Metamorphosis sekarang jadi Forbidden ya, dan Thousand-Eyes Restrict ini menjadi Unlimited. Nah yang membuat Thousand-Eyes Restrict ini mendapat peringkat 4 adalah karena adanya Spell Card Instant Fusion yang bisa memanggil Fusion Monster level 5 ke bawah dengan mengorbankan 1000 LP. Menurut YuDI, Thousand-Eyes Restrict adalah target terbaik untuk Instant Fusion. Monster ini bisa menculik monster menyebalkan milik lawan. Walapun tidak bisa menyerang dan akan hancur saat End Phase, sobat duelist bisa menggunakan Thousand-Eyes Restrict sebagai material untuk Link Summon. Jadi enak banget ya, hanya dengan 1000 LP, sobat duelist bisa menyingkirkan monster menyebalkan milik lawan, plus punya material gratis untuk Link Summon. Jadi jangan heran kalau melihat Thousand-Eyes Restrict di banyak Side Deck para duelist lainnya.

3. Invoked Mechaba


Menurut YuDI, Invoked Mechaba adalah monster Invoked terbaik. Karena monster ini punya kemampuan untuk menegasi efek kartu apapun, asal kita punya kartu dengan jenis yang sama di tangan, dan tentunya gak bisa untuk merespon Counter Trap yah. Monster ini dapat dengan mudah dipanggil menggunakan Aleister the Invoker dan 1 monster beratribut LIGHT. Sudah jelas kan yah bagus dikombinasikan dengan apa? Yang paling sering sih dengan Lightsworn, ABC-Dragon Buster, Cyber Dragon, dan Metaphys. Terlebih lagi kalau sobat duelist menggunakan Spell Card Invocation, sobat duelist bisa menggunakan material dari kedua Graveyard. Jadi kalau Fusion Material kurang, tinggal gunakan yang ada di Graveyard lawan. Apalagi Aleister the Invoker tuh bakal balik ke tangan ya dengan mengembalikan 1 Invocation dari Graveyard ke Deck, artinya Invoked Mechaba akan mendapatkan tambahan 1000 ATK. Jarang loh ada monster dengan ATK 3000++, sekalipun ada Invoked Mechaba akan mengganggu permainan lawan, sebelum monster tersebut  berhasil dipanggil. Dengan fleksibilitas dan efek yang sangat kuat inilah yang membuat Invoked Mechaba menduduki peringkat 3.

2. Gem-Knight Seraphinite


Fusion Monster yang satu ini dipanggil menggunakan 1 monster Gem-Knight dan 1 monster beratribut LIGHT sebagai materialnya. Dan Fusion Monster ini dapat dengan mudah dipanggil menggunakan Continuous Spell Card Brilliant Fusion, jadi bisa langsung menggunakan material dari Deck. Loh berarti ATK jadi nol dong? Sobat duelist gak akan terlalu menghiraukan hal ini, karena yang berguna dari Gem-Knight Seraphinite adalah kemampuannya untuk memberikan bonus Normal Summon setiap gilirannya. Makin banyak monster yang dipanggil artinya kombo akan semakin besar loh. Apalagi Gem-Knight Seraphinite ini tidak harus dikombinasikan dengan Deck yang memiliki monster mayoritas LIGHT kok, karena pengguna monster ini juga akan membawa Performage Trick Clown sebagai salah satu Fusion Materialnya. Terlebih lagi Trick Clown ini bisa memanggil dirinya jika terkirim ke Graveyard, yang artinya sobat duelist punya monster gratis. Monster Gratis + Bonus Summon, dua hal yang sangat berguna untuk membuat kombo yang mengerikan. Apalagi Brilliant Fusion bisa sobat duelist cari dengan mudah menggunakan efek kombo dari Predaplant Ophrys Scorpio dan Predaplant Darlingtonia Cobra. Berarti sobat duelist sekarang malah punya lebih banyak lagi material di Field.

Honorable Mention

Nah sebelum ke peringkat 1, YuDI mau share dulu nih monster-monster yang masuk Honorable Mention. Walaupun gak masuk 10 besar tapi sayang rasanya kalau gak disebutkan. Petama ada Five-Headed Dragon, udah jelas ya, ATK besar plus fusion material yang tidak terlalu khusus. Sayangnya monster ini masuk ke Honorable Mention karena Future Fusion efeknya sudah diubah. Ada juga nih Fusion Monster dengan efek yang sangat hebat namun perlu Fusion Material yang cukup sulit dikumpulkan. Monster-monster tersebut diantaranya : Dark Paladin, Sea Monster Theseus (target lainnya untuk Instant Fusion), Crimson Nova Trinity the Dark Cubic Lord, dan Natura Exterio.


1. Masked Hero Dark Law


Fusion Monster ini punya efek yang sangat menakutkan, yaitu membuat semua kartu lawan yang akan masuk ke Graveyard menjadi ter-baninsh. Ini ngeri banget ya, soalnya banyak deck-deck jaman sekarang yang sangat butuh Graveyard. Dengan "menghilangkan" Graveyard, artinya Masked HERO Dark Law ini akan menghambat potensi banyak deck. Apalagi, sekali per gilirannya, jika lawan menarik kartu di luar Damage Step atau Draw Phase, 1 kartu random dari tangan lawan akan dibuang. Jadi lawan juga akan pikir-pikir lagi buat menambah kartu ke tangannya. Apalagi Masked HERO Dark Law ini hanya butuh monster HERO beratribut DARK dan Spell Card Mask Change untuk bisa dipanggil. Jadi butuh kartu lebih sedikit dibanding Fusion biasanya ya. Tapi yang membuat Masked HERO Dark Law ini menjadi peringkat 1 adalah karena adanya Spell Card Mask Change II, jadi sobat duelist yang penting punya monster DARK saja, tidak harus monster HERO. Artinya monster ini juga bisa fleksibel. Karena efeknya yang sangat kuat, Masked HERO Dark Law ini pantas menduduki peringkat pertama dalam Fusion Monster Terbaik.

Yu-Gi-Oh! Akan Terus Melahirkan Fusion Monster Baru

Yu-Gi-Oh! itu merupakan permainan yang sangat dinamis ya. Jadi nanti mungkin saja bermunculan Fusion Monster lainnya yang lebih hebat dibanding 10 monster yang ada di daftar ini. Jadi mungkin YuDI akan memperbaharui Daftar 10 Fusion Monster Terbaik ini di masa yang akan mendatang. Terlebih lagi Ban List juga senantiasa berubah, dan tentunya akan berpengaruh dengan daftar ini yah. Gimana menurut sobat duelist semua? Adakah monster yang lebih hebat?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar