6 TIPE SEKUNDER KARTU MONSTER DI YU-GI-OH! - Yugioh Duelist Indonesia

16 April 2018

6 TIPE SEKUNDER KARTU MONSTER DI YU-GI-OH!

tutorial yugioh bahasa indonesia

Halo sobat duelist! Di artikel sebelumnya, Yugioh Duelist Indonesia pernah bahas tentang tipe-tipe kartu monster di Yu-Gi-Oh! Nah kali ini bisa dibilang kelanjutan dari artikel tersebut, kali ini YuDi akan membahas tentang tipe sekunder kartu monster di Yu-Gi-Oh! Kalau bahasa formalnya Secondary-type of Monster Cards. Disebut sebagai tipe sekunder karena "nempel" dengan tipe kartu monster lainnya, jadi gak bisa dibedakan dari warna framenya. Sampai saat ini ada 6 tipe sekunder kartu monster yang ada di Yu-Gi-Oh! Wah lumayan banyak yah. Inilah daftarnya

1. Flip Monster

Flip Monster adalah tipe sekunder yang paling jadul di Yu-Gi-Oh! Bisa dikenali dengan dua cara, yaitu ada "/FLIP" pada bagian ability, dan akan ada tulisan "FLIP :" di baris pertama kotak deskripsinya. Flip Monster akan mengaktifkan efeknya jika berubah dari posisi face-down menjadi face-up, bisa karena diserang, diubah karena efek kartu, atau karena Flip Summon. Tapi ada juga kartu monster yang mengaktifkan efeknya saat berubah dari face-down menjadi face-up dan tidak termasuk ke dalam Flip Monster, contohnya Snowman Eater. Jadi sekali lagi, hanya yang memiliki tulisan "/FLIP" dan "FLIP :" yang dikategorikan sebagai Flip Monster.

ciri ciri fliip monster

Biasanya Flip Monster juga merupakan Effect Monster, karena setiap Flip Monster pasti punya efek. Saat ini baru ada satu Flip Monster yang sekaligus sebagai Pendulum Monster, yaitu Performapal Momoncarpet.

2. Toon Monster

Toon Monster adalah kartu monster yang memiliki "/TOON" di bagian ability, dan juga memiliki teks "TOON" pada nama monsternya. Tapi nama "TOON" memang tidak terdapat pada kartu monster Manga Ryu-Ran, namun nama OCG dari monster ini adalah Tuun Doragon Egaa, jadi secara teknis tetap ada teks yang berbunyi "TOON" pada namanya. Di versi TCG dari Manga Ryu-Ran pun akhirnya mendapatkan tambahan keterangan yaitu "This card is always treated as a Toon card" yang menandakan monster ini juga bagian dari Toon Monster. Semua Toon Monster membutuhkan Continuous Spell Card bernama Toon World untuk bisa dipanggil. Kartu ini dapat digantikan oleh Field Spell Toon Kingdom.

ciri ciri toon monster

Uniknya, semua Toon Monster berlevel tinggi ini tidak dapat dipanggil Normal Summon atau Tribute Summon. Hanya dapat dipanggil melalui Special Summon saat ada Toon World di Field, dengan mengorbankan monster dari Field sebanyak yang seharusnya digunakan untuk melakukan Tribute Summon. Jadi Level 5 dan 6 butuh 1 monster korban, dan Level 7 ke atas butuh 2 monster korban. Yang membuat unik lainnya adalah Toon Monster dapat menyerang lawan secara langsung jika lawan tidak memiliki Toon Monster, hanya saja Toon Monster tidak dapat menyerang di giliran yang sama saat dipanggil, kecuali Toon Dark Magician Girl. Kelemahan Toon Monster yang terbesar adalah akan hancur saat Toon World di Field hancur. Kelemahan ini tidak berlaku untuk Toon Monster baru yaitu : Toon Ancient Gear Golem, Toon Barrel Dragon, Toon Buster Blader, Toon Cyber Dragon, Red-Eyes Toon Dragon, dan Toon Dark Magician. Sebagai informasi tambahan Toon Monster adalah versi chibi dari monster-monster yang ada di Yu-Gi-Oh! sebelumnya dengan efek yang serupa, kecuali Toon Dark Magician yang mendapatkan tambahan efek.

Versi asli bersama dengan versi Toon

3. Union Monster

Union Monster dapat dikenali dengan adanya tulisan "/UNION" pada bagian ability. Semua Union Monster memiliki satu kemampuan yang sama, yaitu dapat dijadikan Equip untuk kartu monster lainnya atau dapat di-Special Summon ke Main Monster Zone ketika menjadi Equip untuk monster lainnya. TAPI, gak semua monster yang bisa dijadikan Equip untuk monster lainnya dikategorikan sebagai Union Monster, salah satu contohnya ada Dark Necrofear. Jadi hanya yang memiliki "/UNION" yang dianggap sebagai Union Monster.

yugioh union monster

Kebanyakan Union Monster adalah Machine-type, tapi ada juga Union Monster yang bukan Machine-type seperti Pitch-Dark Dragon. Sampai saat ini archetype yang banyak memiliki Union Monster di dalamnya adalah Vylon dan Machina.

4. Spirit Monster

Spirit Monster bisa dikenali dari "/SPIRIT" pada bagian ability. Dan setiap Spirit Monster memiliki 2 efek yang serupa, yaitu : tidak dapat dipanggil melalui Special Summon dan akan kembali ke tangan pada saat End Phase di giliran yang sama saat monster ini di-Normal Summon atau terbuka dari face-down menjadi face-up. Jadi Spirit Monster hanya bisa dipanggil melalui Normal Summon, kecuali Yamato-no-Kami yang harus di Special Summon dengan mem-banish 1 Spirit Monster, tapi tetap akan kembali ke tangan saat End Phase. Hal ini juga tidak berlaku untuk Spirit Monster yang sekaligus Pendulum Monster Yoko-Zuna Sumo dan Kuro-Obi Karate Spirit, yang tidak akan kembali ke tangan kalau monster-monster tersebut dipanggil melalui Special Summon. Spirit Monster yang paling terkenal adalah Yata-Garasu, monster yang membuat Konami akhirnya meluncurkan Forbidden List, yang berisi kartu-kartu yang tidak dapat digunakan dalam duel.

yata-garasu

Spirit Monster jarang digunakan oleh para duelist karena beresiko tinggi, gak heran soalnya Field sobat duelist bakalan kosong saat End Phase. Tapi kalo sobat duelist menggunakan kartu-kartu seperti Izanagi, Mirror of Yata, atau Spiritul Energy Settle Machine, sobat duelist tidak perlu mengembalikan Spirit Monster ke tangan saat End Phase. Sampai saat ini ada dua Ritual Monster yang juga sekaligus sebagai Spirit Monster yaitu Shinobaron Peacock dan Shinobaroness Peacock yang merupakan bagian dari series Shinobird yang sangat mendukung Spirit Monster

support spirit monster

5. Gemini Monster

Gemini Monster bisa dibilang sebagai Effect Monster dengan kemampuan yang masih "terkunci". Untuk "membuka" kemampuan dari monster ini, Gemini Monster harus dipanggil melalui Gemini Summon, yaitu dipanggil melalui Normal Summon saat Gemini Monster sudah berada di Field. Jadi kalau tanpa bantuan efek kartu apapun, Gemini Monster akan mendapatkan kemampuannya dengan melalui 2 kali Normal Summon, atau di-Normal Summon setelah sebelum di-Special Summon oleh efek kartu lainnya.

monster gemini

Gemini Monster yang masih terkunci kemampuannya akan dianggap sebagai Normal Monster saat di Field. Begitu pula saat di Graveyard, Gemini Monster juga akan dianggap sebagai Normal Monster. Artinya kartu-kartu pendukung Normal Monster seperti Swing of Memories atau Birthright dapat digunakan untuk Gemini Monster. Selain di Field dan Graveyard, Gemini Monster akan dianggap sebagai Effect Monster sekaligus Gemini Monster. Saat ini baru satu archetype yang memiliki banyak Gemini Monster di dalamnya, yaitu Chemicritter atau biasa dikenal di OCG dengan Chemical Beast.

6. Tuner Monster

Tuner Monster bisa dibilang tipe sekunder yang paling banyak digunakan oleh para duelist di dunia, karena dibutuhkan untuk melakukan Synchro Summon. Ciri utamanya adalah dengan adanya "/TUNER" pada ability. Jadi semua kartu yang tidak memiliki "/TUNER" akan dianggap sebagai non-Tuner Monster, ini adalah istilah yang perlu sobat duelist ketahui sebelum melakukan Synchro Summon. Level yang dimiliki Tuner Monster sangat beragam, mulai dari Level 1 sampai Level 11, tapi sampai saat ini belum ada Tuner Monster dengan Level 9 dan Level 10.

apa itu tuner monster

Tuner monster ini "nempel" di banyak tipe kartu monster lainnya mulai dari Normal Monster, Effect Monster, Fusion Monster, Pendulum Monster, bahkan Synchro Monster. Beberapa Tuner Monster juga "nempel" dengan tipe sekunder lainnya seperti Union Monster dan Flip Monster.

mengenali tuner monster

Oke itulah 6 tipe sekunder kartu monster di Yu-Gi-Oh! Bakal nambah atau cuma segitu aja? Wah kalau itu biar waktu dan Konami yang menjawab. Oh iya, sobat duelist juga bisa menonton rangkuman artikel di atas di video berikut ini ya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar