10 RITUAL MONSTER TERBAIK DI YU-GI-OH! - Yugioh Duelist Indonesia

02 Oktober 2018

10 RITUAL MONSTER TERBAIK DI YU-GI-OH!


Ritual Monster bisa dibilang sebagai monster yang dianaktirikan oleh Konami. Bahkan di anime Ritual Summon adalah teknik pemanggilan yang paling jarang digunakan, bahkan di Yu-Gi-Oh! 5D's tidak ada Ritual Monster sama sekali. Tapi mungkin ada sedikit angin segar ya ketika Yusaku dari Yu-Gi-Oh! Vrains menggunakan Ritual Monster, Konami pun meluncurkan beberapa pendukung khusus untuk Ritual. Dan kali ini, YuDI bukan mau bahas tentang pendukung Ritual, tapi YuDI sudah merangkum 10 daftar Ritual Monster terbaik versi Yugioh Duelist Indonesia. Apa aja ya? Langsung aja kita lihat daftarnya.

10. Relinquished


Ini kayaknya monster paling jadul diantara semua monster di daftar ini. Levelnya cuma satu, artinya sangat-sangat-mudah-sekali untuk dipanggil. Kebangetan deh kalo monster ini sampai gak bisa dipanggil, artinya sobat duelist bad hand banget kalau sampai gak punya monster buat dikorbankan. Pasti udah gak asing dengan efeknya yang bisa menculik monster lawan ya? Apalagi Relinquished ini banyak dapet kartu pendukung ya sekarang. Pokoknya gak bisa dipandang sebelah mata deh!

9. Evigishki Gustkraken


Gishki memang salah satu archetype Ritual yang terkenal ya. Dan yang menurut YuDI terbaik adalah monster ini, Evigishki Gustkraken. Karena ketika monster ini dipanggil melalui Ritual SummonEvigishki Gustkraken akan melihat sampai dengan 2 kartu secara acak di tangan lawan, dan mengembalikan salah satunya ke deck. Nampak biasa aja yah. Tapi bayangkan kalau sobat duelist bisa memanggil beberapa Evigishki Gustkraken, gak cuma mengurangi kartu di tangan lawan, tapi sobat duelist juga kemungkinan bakal tau kartu lainnya di tangan lawan, yang jelas bakal membantu sobat duelist untuk menyusun strategi dalam menghadapi sisa kartu lawan. Apalagi level Evigishki Gustkraken cuma 6, gak butuh banyak Tribute buat dipanggil, apalagi deck Giskhi punya recovery yang baik. Makan dari itu kartu ini sampai jadi Limited di TCG sampai sekarang. Karena Evigishki Gustkraken itu punya potensi hand control yang sangat baik.

8. Nekroz of Trishula


Nekroz juga salah satu archetype Ritual yang sangat kuat ya. Terkenal banget dengan kemampuannya untuk berhadapan dengan para pengguna Extra Deck. Dan bagi YuDI yang terbaik adalah Nekroz of TrishulaNekroz of Trishula bisa melindungi monster Nekroz yang ditarget oleh efek lainnya, dengan cara discard dirinya sendiri. Dan ketika Nekroz of Trishula dipanggil melalui Ritual Summon, bisa banish 3 kartu lawan : 1 dari Field, 1 dari Graveyard, dan 1 random dari tangan lawan. Sekilas efeknya serupa dengan Trishula, Dragon of the Ice Barrier ya, karena memang keduanya bisa dibilang bersaudara, levelnya pun sama persis. Bedanya Nekroz of Trishula ini harus membanish 3 kartu dari 3 tempat yang berbeda. Sedangkan kalau Trishulla, Dragon of Ice Barrier bisa 3 dari 3 tempat yang berbeda atau kurang itu karena menggunakan istilah "up to", jadi lebih fleksibel. Nekroz sebenarnya deck yang sangat kuat, namun dengan beberapa kartu penting yang limited di TCG, deck Nekroz jadi gak sekuat dulu, dan itulah kenapa Nekroz of Trishula cuma ada di peringkat 8.

7. Amorphactor Pain, the Imagination Dracoverlord


Yang ini cukup menyebalkan. Ketika dipanggil melalui Ritual Summon, lawan akan melewatkan Main Phase berikutnya. Bayangin kalau sobat duelist bisa manggil monster ini di giliran pertama, lawan bakal langsung masuk Battle Phase tanpa memiliki satu monster pun. Bisa dibilang aman satu giliran. Apalagi monster ini akan negate semua efek Fusion, Synchro, dan Xyz monster di Field. Kalau kartu ini terkirim dari field ke graveyard, bisa menambahkan satu monster Dracoverlord dari Deck kecuali dirinya sendiri. Efek utamanya sih memang yang akan negate efek monster-monster dari Extra Deck ya. Tapi sobat duelist bakal jarang melihat monster yang satu ini sih, paling monster ini bisa dipanggil dengan Ritual Spell sejuta umat Advance Ritual Art, atau menggunakan Ritual Spell khusus monster EARTH yaitu Earth Chant. Tapi tetap saja ya, kurang oke kalau dikombinasikan dengan Ritual Monster lainnya. Terlebih lagi sekarang ada Link Monster yang tidak akan terpengaruh efek monster yang satu ini.

6. Saffira, Queen of Dragons


Mendapat predikat sebagai ratunya para naga rupanya bukan sekedar nama saja ya. Dengan level 6 dan ATK 2500 menjadikan Saffira, Queen of Dragons monster yang tidak sulit dipanggil dan memiliki status yang baik. Efeknya pun lumayan baik, bisa dipilih mau draw, discard kartu lawan, atau ambil monster LIGHT dari Graveyard. Efek ini akan terpicu di End Phase saat dipanggil melalui Ritual Summon atau jika monster LIGHT terkirim dari tangan atau Deck ke Graveyard, jadi bisa digunakan berkali-kali. Tapi yang membuat Saffira, Queen of Dragons ini bisa ada di peringkat 6 bukan karena kekuatannya sendiri, tapi Ritual Spell yang digunakan untuk memanggil monster ini, yaitu Hymn of Light, dapat membanish dirinya dari Graveyard saat ada Ritual Monster yang akan hancur dan meniadakan kehancurannya. Hal ini membuat Saffira, Queen of Dragons sangat cocok untuk dikombinasikan dengan Ritual deck yang beratribut LIGHT.

5. Demise, King of Armageddon


Wah yang ini sih udah gak usah ditanya lagi ya, pengennya sih nomor 1, tapi ternyata sekarang banyak Ritual Monster yang lebih oke dan konsisten daripada Demise, King of Armageddon. Punya level 8 membuat monster yang satu ini tidak sulit untuk dipanggil. Kemampuannya sangat super, yaitu bisa sapu bersih Field dengan mengorbankan 2000 LP, dan hanya menyisakan dirinya sendiri. Bisa dipanggil menggunakan Ritual Spell End of the World, Contract with the Abyss, Cycle of the World, dan Advance Ritual Art membuat Demise, King of Armageddon duduk di peringkat 5 dengan potensi untuk melakukan One Turn Kill (OTK). Nanti YuDi akan jelaskan kehebatan Demise, King of Armageddon ini dalam artikel khusus ya. Oh iya, sebenarnya monster yang satu ini akan digantikan posisinya oleh abangnya sendiri yaitu Demise, Supreme King of Armageddon yang memiliki efek yang lebih jahanam dibanding Demise, King of Armageddon.

4. Herald of Perfection


Kalau daftar ini dibuat sekitar tahun 2010-an mungkin monster ini sama Demise, King of Armageddon bakal rebutan di peringkat pertama kali ya. Monster ini hanya berlevel 6, artinya mudah dipanggil. Plus efeknya yang sangat menyebalkan, bisa negate aktifasi kartu apapun, kecuali Counter Trap tentunya, dengan mengirimkan monster Fairy dari tangan ke Graveyard, dan gak dibatasi sekali per giliran loh. Dulu kalau kartu ini udah keluar, harapan menang tipis deh. Biasanya lawannya bakal sulit melawan monster yang satu ini.

3. Cyber Angel Natasha


Monster ini memanglah Ritual Monster dari archetype Cyber Angel dengan level terkecil, tapi menurut YuDI, Cyber Angel Natasha yang the best diantara Cyber Angel lainnya. Bayangin aja, bisa nambah LP plus bakal negate semua serangan ke Ritual Monster, tidak harus spesifik ke monster Cyber Angel. Kombinasi yang bagus deh dengan Herald of Perfection dan Saffira, Queen of Dragons. Levelnya cuma 5 jadi sangat mudah dipanggil, dan sangat mungkin dijadikan Tribute untuk memanggil Ritual Monster lainnya. Saat Cyber Angel Natasha ada di Graveyard, Cyber Angel Natasha bisa banish Cyber Angel lainnya dan memanggil dirinya ke Field, belum cukup sampai di situ, Cyber Angel Natasha juga bakal menculik 1 monster lawan. Parah banget deh monster satu ini.

2. Black Luster Soldier - Super Sodier


Kalau dari efeknya sendiri, Black Luster Soldier - Super Soldier ini keliatannya memang standar. Kalau menghancurkan monster lawan lewat battle, lawan kena damage sesuai monster yang hancur. Dan kalau monster ini hancur karena battle atau efek kartu lawan, special summon 1 monster Gaia the Fierce Knight dari tangan, deck, atau Graveyard. Lumayan yah, apalagi punya ATK 3000 dan level cuma 8, jadi gak terlalu sulit dipanggil.

Tapi Deck Black Luster Soldier itu didukung oleh kartu-kartu yang sangat imba. Jika Black Luster Soldier - Super Soldier menggunakan Beginning Night sebagai materialnya, maka Black Luster Soldier - Super Soldier akan mendapatkan efek yang serupa dengan Black Luster Soldier - Envoy of the Beginning. Jadi bisa banish 1 kartu di Field lawan dan bisa menyerang sekali lagi ketika menghancurkan monster lawan lewat battle. Dan kalau Black Luster Soldier - Super Soldier menggunakan Evening Twilight Knight sebagai materialnya, Black Luster Soldier - Super Soldier akan mendapatkan kemampuan yang serupa dengan Black Luster Soldier - Envoy of Evening Twilight. Jadi bisa banish 1 kartu Field lawan dan 1 kartu random di tangan lawan. Malah lebih oke, karena sekalipun menggunakan efek banish, Black Luster Soldier - Super Soldier tetap bisa menyerang, plus kedua efek tambahan dari kedua material khususnya bisa digunakan sekaligus, berbeda dengan Envoy of the Beginning atau Envoy of Evenig Twilight yang hanya bisa menggunakan salah satu. Sekarang bayangkan Black Luster Soldier - Super Soldier yang dipanggil menggunakan Beginning Knight dan Evening Twilight Knight sebagai material, Black Luster Soldier - Super Soldier bisa banish 2 kartu di Field lawan dan 1 kartu random di tangan lawan, plus bisa menyerang sekali lagi ketika menghancurkan monster lawan lewat battle, serta jangan lupa efek asli dari Black Luster Soldier - Super Soldier yang akan memberikan damage sejumlah ATK monster yang hancur. Memang Super sekali ya, apalagi kalau ditambah dengan efek dari Envoy of ChaosBlack Luster Soldier - Super Soldier akan memiliki 4500 ATK. Nama memang gak bohong ya, monster ini memang Super Soldier.

Honorable Mention

Masih ada sih Ritual Monster bagus lainnya yang masih kalah bersaing dengan 10 monster yang ada di daftar ini. Tapi akan YuDI tetap sebutkan di Honorable Mention karena memiliki kemampuan yang baik walaupun beberapa agak sulit dipanggil.
  • Odd-Eyes Gravity Dragon. Monster ini bakal jadi "Giant Trunade" kalau dipanggil melalui Special Summon, semua Spell dan Trap lawan bakal balik ke tangan, dan lawan gak bisa merespon efek ini. Apalagi efek ini akan terpicu oleh Special Summon, tidak hanya melalui Ritual Summon. Jadi kalau Odd-Eyes Gravity Dragon pernah dipanggil melalui Ritual Summon terus tewas, nah bisa dipanggil aja menggunakan Monster Reborn dan aktif lagi deh si "Giant Trunade". Mungkin bakal bagus juga kalau dikombinasikan dengan Advance Ritual Art dan deck Red-Eyes.
  • Lord of the Red. Yang ini sebenarnya monster jadul yang pernah muncul di Yu-Gi-Oh! Duel Monster dan digunakan oleh Jounouchi Katsuya. Tapi kartu ini baru diluncurkan Konami pada sekitar tahun 2015. Efeknya unik, ketika ada kartu atau efek yang aktif, Lord of the Red bisa menghancurkan 1 monster, terus ketika ada kartu atau efek yang aktif lagi, Lord of the Red bisa menghancurkan 1 Spell atau Trap. Yang membuat YuDI tidak memasukkan monster ini ke 10 besar, karena efeknya bisa Missing the Timing. Nanti YuDi akan jelaskan khusus ya tentang Missing the Timing kalau ada yang masih asing dengan rullings yang satu ini.
  • Herald of Ultimateness. Bisa dibilang monster ini memang versi uprade dari Herald of Perfection. DEF pun lebih besar dengan 3000 DEF. Efeknya pun mengalami peningkatan karena Herald of Ultimateness bisa negate Special Summon juga. Tapi levelnya itu loh : DUA BELAS! Dua kali lipat! Gak mudah untuk dipanggil, plus Ritual Spell yang digunakan pun khusus.
  • Cyber Angel Vrash. Boss monster dari Cyber Angel ini punya efek yang luar biasa, ketika dipanggil akan menghancurkan semua monster lawan yang dipanggil dari Extra deck, dan sekarang tuh sangat gak aneh manggil monster dari Extra Deck, plus bakal memberikan damage ke lawan sebesar 1000 damage untuk setiap monster yang hancur karena efek ini. Dan Cyber Angel Vrash bisa menyerang dua kali di giliran tersebut. Potensi bersih-bersih plus bisa nyerang dua kali, bau-baunya One Turn Kill ya. Belum beres sampai di situ, ketika ada efek yang akan menhancurkan kartu di Field, Cyber Angel Vrash bisa mengembalikan 1 Ritual Monster ke deck untuk negate efek tersebut. Recovery + effect negation, bukan kombinasi yang buruk. Namun Cyber Angel Vrash memiliki Level 10 yang artinya gak mudah dipanggil. Bahkan  penggunakan Cyber Angel pun tidak selalu bisa memanggil Ritual Monster yang satu ini.

1. Blue-Eyes Chaos MAX Dragon


Mendapatkan predikat sebagai Ritual Monster dengan ATK terbesar bukanlah yang membuat Blue-Eyes Chaos MAX Dragon berada di puncak Ritual Monster. Blue-Eyes Chaos MAX Dragon ini levelnya cuma 8, karena deck Blue-Eyes itu banyak memiliki monster berlevel 8, jadi sangat mudah ya untuk memanggil monster ini. Apalagi Ritual Spell Chaos Form dapat banish material dari Graveyard, yang penting Blue-Eyes White Dragon atau Dark Magician. Dan sebetulnya gampang banget buat dapetin Blue-Eyes di graveyard. Belum lagi kalau menggunakan Advance Ritual Art, tinggal kirim Blue-Eyes White Dragon dari deck, langsung deh nongol Blue-Eyes Chaos MAX Dragon dengan ATK 4000. Blue-Eyes Chaos MAX Dragon juga tidak bisa ditarget oleh kartu lawan, plus gak bisa dihancurkan. Pilihannya ya kirim ke Graveyard, balikin ke tangan, balikin ke Deck, banish, atau ubah jadi DEF position. Tapi kartu-kartu dengan efek seperti itu kebanyakan akan menarget, yang artinya gak akan mempan sama Blue-Eyes Chaos MAX Dragon. Monster ini juga akan memberikan double piercing damage, jadi mending kalau berhadapan dengan monster yang satu ini jangan berani-berani untuk menyimpan monster dalam posisi bertahan deh. Dijamin tewas! Kemampuan menyerang yang sangat baik ditambah dengan kemampuan bertahan yang baik juga membuat Blue-Eyes Chaos MAX Dragon ini pantas mendapatkan peringkat pertama. Apalagi sekarang hadir adiknya, Blue-Eyes Chaos Dragon, yang akan membuat potensi One Turn Kill deck Blue-Eyes Ritual meningkat pesat

Nah itulah 10 Ritual Monster terbaik versi Yugioh Duelist Indonesia. Ada yang gak setuju? Ya gak apa-apa, akan ini versi YuDI. Tapi kalau sobat duelist tau Ritual Monster yang lebih hebat atau tidak kalah hebat dari daftar YuDI ini, kasih tau yah di kolom komentar. Dan tentunya daftar ini mungkin bisa berubah ya seiring dengan kedinamisan yang ada di Yu-Gi-Oh! Oke sampai jumpa di kesempatan lainnya dan jayalah terus Duelist Indonesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar