16 MONSTER YANG JATUH KE DALAM KEGELAPAN - Yugioh Duelist Indonesia

04 Oktober 2018

16 MONSTER YANG JATUH KE DALAM KEGELAPAN


Di Yu-Gi-Oh! banyak pemeran utama  yang pernah tenggelam ke dalam kegelapan ya, kecuali Yuusei tentunya, dan mungkin Yuusaku. Gak cuma karakternya, beberapa monster di Yu-Gi-Oh! juga ada yang tenggelam ke dalam kegelapan loh. Di Yu-Gi-Oh! hal seperti ini dikenal dengan Dark Counterpart. Dark Counterpart adalah sekumpulan monster yang memiliki versi biasanya dan juga memiliki versi lain dengan teks Dark pada namanya, lebih tepatnya lagi Daaku (ダーク) pada nama Jepangnya, karena nama OCG dan TCG bisa berbeda ya. Monster Dark Counterpart pertama kali muncul di booster pack Phantom Darkness sekitar tahun 2008. Oh iya, Dark Counterpart ini hanya yang bener-bener ada teks Dark pada nama monsternya ya. Jadi, jangan berharap ada Evil HERO di sini. Oke inilah semua monster yang memiliki Dark Counterpart.

1. Elemental Mistress Doriado


Monster Ritual berlevel 3 ini bisa dipanggil menggunakan Ritual Spell Doriado's Blessing. attribut monster ini juga akan dianggap sebagai WIND, EARTH, FIRE, dan WATER, jadi monster ini bisa dibilang punya 5 attribut sekaligus. Monster ini pertama kali muncul tahun 2005, dan kemudian tenggelam ke dalam kegelapan pada tahun 2016 menjadi Pendulum Monster Dark Doriado. Efeknya pun mengalami peningkatan yang lumayan oke, karena Dark Doriado bisa memilih 4 monster dengan masing-masing attribute WIND, EARTH, FIRE, dan WATER lalu menyimpannya di paling atas Deck dengan urutan yang diinginkan saat monster ini dipanggil melalui Normal Summon atau Special Summon. Lumayan berguna ya untuk mendekatkan monster-monster yang penting. Dark Doriado juga memiliki Pendulum Effect yang akan meningkatkan serangan semua monster WIND, EARTH, FIRE, dan WATER sebanyak 200 untuk setiap attribut yang berbeda pada Field. Misal punya monster dengan attribut WATER sama FIRE di Field, berarti ada dua attribut yang berbeda, jadi akan ada penambahan ATK sebesar 400, kira-kira seperti itulah efeknya. Memang jauh lebih hebat dibandingkan monster ritual awalnya.

2. Mystical Elf


Monster yang satu ini muncul sekitar Maret 2004, dan merupakan salah satu monster yang sering digunakan karena DEF yang besar untuk monster level 4 saat itu. Mystical Elf tenggelam ke dalam kegelapan di Desember 2004 dan berubah menjadi Dark Elf. Keduanya memiliki ATK dan DEF yang saling berkebalikan. Sebagai monster level 4 Dark Elf memiliki ATK yang sangat besar dengan 2000 poin. Namun ketika menyerang harus mengorbankan 1000 LP. Tapi lumayan ya buat tembok sambil nunggu monster lain buat dipanggil. Dark Elf juga merupakan satu-satunya monster Dark Elf yang muncul sebelum Phantom of Darkness. Mungkin Dark Elf adalah pemicu munculnya Dark Counterpart dari monster lainnya

3. Warrior Dai Grepher


Dikisahkan monster yang satu ini bisa memanipulasi Dragon, dan tidak diketahui masa lalunya. Mungkin karena karma sering memanipulasi Dragon, monster yang muncul pada tahun 2004 ini dimanipulasi oleh kegelapan dan berubah menjadi Dark Grepher di tahun 2008. Dark Grepher ini bisa dipanggil melalui special summon dengan discard 1 monster DARK level 5 ke atas. Belum beres sampai di situ, Dark Grepher juga bisa discard 1 monster DARK untuk mengirimkan 1 monster DARK dari Deck ke Graveyard. Dark Grepher ini merupakan salah satu kartu kunci loh di deck meta jaman dulu yang dikenal dengan nama Tele-DAD. Spoiler sedikit, DAD juga merupakan monster Dark Counterpart loh yang nanti akan YuDI bahas.

4. Horus the Black Flame Dragon LV 8


Monster ini muncul sekitar Oktober 2004, dan merupakan monster yang sangat kuat walaupun gak mudah dipanggil. Hanya bisa dipanggil menggunakan efek dari Horus the Black Flame Dragon LV 6, tapi monster ini bisa negate Spell Card. Ini tuh sakti banget yah, karena sobat duelist boleh milih Spell Card mana yang mau di-negate, plus efek ini tuh Quick Effect, jadi mau ada berapapun Spell yang aktif, Horus the Black Flame Dragon LV 8 akan siap merespon. Namun, Horus the Black Flame Dragon LV 8 termakan oleh api hitamnya dan berubah menjadi Dark Horus pada tahun 2008. Efeknya pun berubah drastis, ketika lawan sudah menyelesaikan efek Spell Card di Main Phase mereka, Dark Horus bisa memilih 1 monster DARK level 4 di Graveyard dan memanggilnya, tapi cuma bisa digunakan sekali per gilirannya. Tenggelamnya Horus the Black Flame Dragon LV 8 ke dalam kegelapan ini memang sangat mengurangi jauh kemampuannya, namun setidaknya Dark Horus lebih mudah dipanggil.

5. Freed the Matchless General


Dari namanya aja udah keren banget ya, karena disebut jendral yang gak ada tandingannya, semua perang dengan mudah dimenangkan oleh jendral Freed. Freed the Matchless General memiliki efek untuk melindungi dirinya dari Spell Card lawan yang menarget dirinya. Dan sebagai jendral perang, Freed the Matchless General bisa melewatkan draw saat Draw Phase, dan sebagai gantinya bisa menambahkan monster Warrior level 4 ke bawah dari Deck ke tangan. Namun dengan banyaknya peperangan yang dialaminya, akhirnya Freed the Matchless General jatuh ke dalam kegelapan dan menjadi Dark General Freed yang haus akan kekuatan kegelapan. Dark General Freed pun tidak hanya melindungi dirinya, tapi semua monster DARK dari Spell Card lawan yang menarget. Dan karena sudah tenggelam dalam kelapan, Dark General Freed dapat menambahkan monster DARK level 4 ke bawah dari Deck ke tangan saat Draw Phase dengan melewatkan kesempatan Draw. Betul-betul jendral yang haus akan kekuatan.

6. Paladin of White Dragon


Kalau yang satu ini bukan tenggelam ke dalam kegelapan kali ya, tapi dapat saingannya. Paladin of White Dragon (2005) ini kedatangan saingannya Paladin of Black Dragon di tahun 2015, sepuluh tahun kemudian. Kedua ritual monster ini baru bisa mengeluarkan kemampuan sebenarnya ketika berhasil menghancurkan monster lawan dalam battle. Dengan mengorbankan dirinya Paladin of White Dragon akan memanggil Blue-Eyes White Dragon, sedangkan Paladin of Black Dragon akan memanggil monster Red-Eyes apapun, jadi gak harus Red-Eyes Black Dragon.

7. Sacred Phoenix of Nephthys


Seperti namanya, Sacred Phoenix of Nephthys memang terkenal sebagai burung legenda yang bisa hidup kembali. Jika monster ini hancur karena efek, maka akan hidup lagi di Standby Phase berikutnya, plus akan menghancurkan semua Spell dan Trap di arena! Super Strong! Tapi, dari banyaknya siklus hidup dan mati ini, terkadang lahirlah versi kegelapannya yaitu Dark Nephthys. Monster ini bisa dikirimkan ke Graveyard ketika memiliki 3 monster DARK atau lebih di Graveyard, banish dua diantaranya dan Dark Nephthys akan terkirim ke Graveyard. Pada Standby Phase berikutnya, Dark Nephthys akan terlahir ke Field dan bisa menghancurkan 1 Spell/Trap di Field. Efeknya sedikt menurun ya, tapi lebih mudah dipanggil.

8. Simorgh, Bird of Divinity


Simorgh, Bird of Divinity ini gak mudah untuk dipanggil, gak bisa dipanggil melalui Special Summon, dan semua Tribute juga harus monster WIND. Kedua pemain akan mendapatkan 1000 damage setiap End Phase, dan bisa dikurangi 500 untuk setiap Spell/Trap yang ada di Field masing-masing. Simorgh sendiri merupakan hewan mitologi dari Persia yang dilegendakan pernah melihat kehancuran dunia lebih dari 3 kali. Melihat kehancuran dunia membuat Simorgh, Bird of Divinity tenggelam dalam kegelapan dan berubah menjadi Dark Simorgh dengan kemampuan yang lebih hebat. Monster ini akan dianggap sebagai monster WIND juga saat di Field. Dark Simorgh juga bisa dipanggil dengan banish 1 DARK dan 1 WIND monster dari Graveyard. Yang paling sangar, Dark Simorgh akan melarang lawan untuk melakukan Set. Kombinasinya dengan Anti-Spell Fragrance bakal mengunci lawan untuk menggunakan Spell dan Trap, plus bakal mengunci pengguna deck Pendulum.

9. Airknight Parshath


Monster yang satu ini bisa memberikan piercing damage, dan ketika memberikan battle damage ke lawan, bisa Draw 1 kartu. Efek yang oke banget ya. Namun Airknight Parshath juga tenggelam ke dalam kegelapan menjadi Darknight Parshath. Efeknya pun sedikit berubah, akan melakukan Draw ketika menghancurkan monster lawan dalam battle dan banish 1 DARK monster dari Graveyard. Darknight Parshath juga bakal mendapatkan tambahan ATK 100 untuk setiap monster DARK di Graveyard.

10. Archlord Zerato


Monster ini seperti malaikat yang tinggal di surga, dan monster yang satu ini ribet banget deh syarat pemanggilannnya, efeknya bagus sih, ketika ada Sanctuary in the Sky di Field, discard 1 LIGHT monster untuk menghancurkan semua monster di arena lawan. Namun, Archlord Zerato tidak kuat menahan sisi gelapnya dan dikeluarkan dari surga. Archlord Zerato pun berubah menjadi Darklord Zerato. Monster ini lebih mudah dipanggil, dan dapat dipanggil menggunakan 1 Tribute jika memiliki 4 DARK monster atau lebih di Graveyard dengan nama yang berbeda. Tapi, Darklord Zerato tidak kehilangan kemampuan penghancurnya. Dengan mengirimkan 1 DARK monster dari tangan ke Graveyard, Darklord Zerato bisa menghancurkan semua monster di arena lawan, tapi sebagai gantinya, Darklord Zerato akan hancur saat End Phase.

11. The Creator


Monster ini tidak bisa dipanggil melalui Special Summon dari Graveyard. The Creator bisa memanggil monster lainnya dari Graveyard dengan mengirimkan 1 kartu dari tangan ke Graveyard, mungkin gak mau kalah dengan yang lainnya The Creator juga tenggelam ke dalam kegelapan dan menjadi The Dark Creator. Nah kalau The Dark Creator ini gak bisa dipanggil kecuali punya 5 monster DARK di Graveyard yang berbeda nama. The Dark Creator juga dapat memanggil monster DARK dari Graveyard dengan banish 1 DARK monster lainnya dari Graveyard. Salah sendiri ya tenggelam ke dalam kegelapan, jadi menurun deh kemampuannya. Seenggaknya lebih mudah untuk dipanggil.

12. Dunames Dark Witch


Monster Fairy yang satu ini dikisahkan sangat berani dan gak pernah mundur dalam pertarungan. Walaupun namanya Dark Witch, nama Jepangnya adalah Valkyria. Entah mengapa ksatria wanita malah diterjemahin jadi nenek sihir. Terlalu banyak berada dalam pertempuran membuat monster Fairy ini juga tenggelam ke dalam kegelapan menjadi Dark Valkyria. Gemini Monster yang nantinya akan berefek untuk memberikan Spell Counter kepada dirinya, sehingga ATK pun akan bertambah 300. Spell Counter nya pun dapat dihilangkan untuk menghancurkan 1 monster di arena. Terlalu banyak pertarungan memang semakin membuat haus akan pertarungan lainnya.

13. Voltanis the Adjudicator


Jika sobat duelist berhasil menyelesaikan efek Counter Trap, Tribute semua monster dan panggil monster ini, lalu hancurkan kartu di arena lawan sejumlah monster Fairy yang digunakan sebagai Tribute. Dari desain monsternya, terlihat Voltanis the Adjudicator ini keliatan punya sisi gelap, dan memang benar, akhirnya Voltanis the Adjudicator menunjukkan sisi sebenarnya dan berubah menjadi Dark Voltanis. Sama-sama bisa dipanggil setelah berhasil menyelesaikan efek Counter Trap, perbedaannya hanya butuh 1 DARK monster, lalu bisa menghancurkan 1 kartu di arena.

14. Rainbow Dragon


Monster andalan dari Johan Aderson dari Yu-Gi-Oh! GX, hanya bisa dipanggil dengan memiliki 7 Crystal Beast yang berbeda nama di Field atau Graveyard. Rainbow Dragon bisa mengirimkan semua monster Crystal Beast di arena untuk mendapatkan 1000 ATK untuk setiap monsternya. Rainbow Dragon juga bisa banish semua monster Crystal Beast di Graveyard untuk mengembalikan semua kartu di Field ke Deck. Saat Johan Anderson dirasuki oleh YubelRainbow Dragon pun tenggelam ke dalam kegelapan dan menjadi Rainbow Dark Dragon, hanya bisa dipanggil dengan mem-banish 7 monster DARK dari Graveyard yang memiliki nama berbeda. Dan dengan mem-banish semua DARK monster yang dimiliki plus Graveyard, Rainbow Dark Dragon akan mendapatkan 500 ATK untuk setiap monsternya.

15. Light End Dragon


Light End Dragon dapat mengurangi 500 ATK dan DEF untuk mengurangi 1500 ATK dan DEF monster yang bertarung dengannya, monster ini pun tenggelam ke dalam kegelapan menjadi Dark End Dragon dengan kemampuan yang dapat mengurangi 500 ATK dan DEF untuk mengirimkan 1 monster lawan dari arena ke Graveyard. Kedua monster ini muncul pada manga Yu-Gi-Oh! GX dan digunakan oleh Manjume Jun. Pada chapter 26. Light End Dragon muncul dari Dark End Dragon. Berarti kalau yang ini kebalik ya, malah terlena dalam cahaya.

16. Armed Dragon LV 7


Lagi-lagi monsternya Manjome Jun, tapi versi animenya. Armed Dragon LV 7 hanya bisa dipanggil dengan efek dari Armed Dragon LV 5. Efek monster ini terbilang sadis, karena dengan mengirimkan 1 monster dari tangan ke Graveyard, hancurkan semua monster di arena lawan yang memiliki ATK sama atau lebih kecil dari monster yang dikirimkan dari tangan. Jadi kalau yang dikirimkan tadi Blue-Eyes White Dragon, ya semua monster dengan ATK 3000 atau kurang bakal tewas. Jadi, Armed Dragon LV 7 ini bisa dibilang banyak memakan korban. Dan,  sisa-sisa jiwa dari monster yang dihancurkan ini kemudian membentuk Dark Armed Dragon, monster ini bisa dipanggil saat di Graveyard ada tepat 3 monster DARK. Dengan banish 1 DARK monster dari Graveyard, bisa menghancurkan 1 kartu di Field, dan ini gak dibatasi sekali per giliran loh. Masih inget tele-DAD yang tadi sempat disebut, kan? DAD memang kependekan dari Dark Armed Dragon. Karena memang Dark Armed Dragon ini memang Dark Counterpart yang paling sakti, dan bahkan Limited, sampai sekarang. Semua itu karena monster ini sempat menghiasi sejarah meta di Yu-Gi-Oh!

Hanya 16 monster aja?

Nah itulah semua monster dan Dark Counterpart pasangannya, ada 16 pasangan! Lumayan banyak dan mungkin akan bertambah nantinya. Nah mungkin ada yang bertanya, "Kalau Adreus, Keeper of Armagddon dan Tiras, Keeper of Genesis gimana?" Karena gak ada teks Dark (ダーク) pada nama diversi OCG, jadi gak masuk ke seri Dark Counterpart ini. "Terus gimana dengan Lightpulsar Dragon dan Darkflare Dragon? Kan ada Dark di namanya tuh?" Daripada dibilang Dark Counterpart, kedua monster ini bisa dibilang partner karena efeknya yang saling melengkapi. Kalau sobat duelist cermati, walaupun terkadang ada yang efeknya mirip, monster asli dan Dark Counterpart itu sudah tidak punya hubungan lagi loh, jadi ya seperti jiwa yang berbeda gitu deh. Jadi sekarang udah tau kan ya semua monster yang punya Dark Counterpart? Kalau begitu, sampai jumpa di kesempatan lainnya dan jayalah terus duelist Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar